Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah ke Ruang Rawat Inap, Wali Kota Risma Pesan Cap Cai untuk Makan Siang

Kompas.com - 30/06/2019, 18:48 WIB
Ghinan Salman,
Rachmawati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kondisi kesehatan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dirawat di ruang ICU RSUD Dr Soetomo mulai baik dan stabil.

Saat ini tim dokter RSUD Dr Soetomo sudah memutuskan untuk memindahkan Risma ke ruang rawat inap di Graha Amerta, Minggu (30/6/2019) sekitar pukul 15.30 WIB.

Baca juga: 5 Fakta Risma Masuk Rumah Sakit, Dibesuk Jokowi dan Menteri hingga Izin Pantau Lurah dan Camat

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Surabaya Muhammad Fikser membenarkan bahwa kondisi Wali Kota Risma saat ini membaik.

"Tadi sekitar pukul 15.30 WIB, Bu Wali sudah dipindahkan ke ruang rawat inap di Graha Amerta, karena kondisinya sudah membaik," kata Fikser, Minggu.

Ia juga memastikan semua alat bantu yang sebelumnya dipasang di tubuh Risma sudah dilepas total. Saat ini, tubuh Risma hanya diinfus untuk membantu memulihkan kesehatannya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu, menurut Fikser, sudah bisa berkomunikasi dengan pihak keluarga. Bahkan, Risma juga sudah bisa makan sendiri tanpa harus disuapi.

Baca juga: Ini Obrolan Jokowi Saat Jenguk Risma di Rumah Sakit

"Sekarang Bu Wali sudah bisa berbicara dengan keluarga dan juga sudah bisa makan sendiri. Ini bukti bahwa (kondisi kesehatan) beliau terus membaik," ujar dia.

Fikser mengaku, Risma bosan mengkonsumsi makanan di rumah sakit. Karena itu, Risma meminta untuk disajikan bubur dan abon serta cap cai untuk makan siang.

 "Kami koordinasi dengan tim dokter ternyata diperbolehkan. Akhirnya, tadi siang beliau makan cap cai sesuai permintaannya. Katanya dokter memperbolehlan, asal bukan yang pedas-pedas," kata dia.

Selain itu, Risma juga sudah melakukan beberapa aktivitas lainnya setelah dipindahkan ke ruang rawat inap.

Baca juga: Menteri Rudiantara: Risma Bukan Hanya Milik Warga Surabaya, tapi Milik Indonesia

Fikser meminta kepada warga Surabaya dan masyarakat untuk mendoakan kesehatan Risma agar segera pulih.

"Kami harap kita semua terus mendoakan Bu wali supaya cepat sembuh, sehingga beliau bisa kembali beraktivitas seperti sediakala untuk melayani warga Surabaya," imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, kesehatan Risma sempat menurun dan dilarikan ke RSUD Dr M Soewandhie pada Selasa (25/6/2019) pagi.

Malam harinya, Risma dipindahkan ke RSUD Dr Soetomo untuk mendapat perawatan super intensif di ruang ICU.

Dari hasil diagnosis dokter yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita, Risma mengalami sesak napas atau asma, mag akut, serta kelelahan.

Risma menderita penyakit asma sejak usianya masih remaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com