Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seharian Warga Bogor Mencium Bau Gas, Ini Biang Keladinya

Kompas.com - 28/06/2019, 23:07 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor (Polres Bogor) mengamankan sejumlah drum yang diduga kuat mengeluarkan bau gas di Kampung Tinggilis, Rt 02/01, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Drum tersebut merupakan sumber bau gas yang tercium warga Bogor sejak hari Kamis (27/6/2019) pagi.

Sebagian warga yang terpapar sempat khawatir karena menduga bau tersebut bersumber dari kebocoran gas.

Kapolsek Sukaraja Polres Bogor Kompol Lusi Saptaningsih memastikan, bau tersebut bukan bersumber dari kebocoran tabung gas sehingga warga yang terpapar tak perlu khawatir.

"Polisi juga sudah memeriksa saksi-saksi dan itu sudah normal lagi setelah dicek enggak ada lagi bau-bau menyengat," katanya kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2019).

Baca juga: Seharian Warga Bogor Cium Bau Gas Menyengat, Khawatir Ada Kebocoran

Usut punya usut, awalnya pengusaha gudang rongsokan bernama Nursid (56) membeli 50 drum dari Uki, warga Babakan Madang, seharga Rp 60.000.

Drum tersebut rencananya akan diolah.

Tanpa diketahui pemilik gudang rongsokan, 6 drum itu justru mengeluarkan bau pada saat dibelah sehingga mengganggu warga sekitar.

"Si Nursid itu hanya membeli drum dari Uki di daerah Babakan Madang. Dia pun tidak tahu isinya apa pada saat dia membeli drum itu. Namanya juga rongsokan dibelahlah sama dia akhirnya mengeluarkan bau dari 6 drum itu," ungkapnya.

Sejauh ini, pihak kepolisian sudah mengamankan drum yang mengeluarkan bau menyengat dan mencari pemiliknya.

"Barang bukti (BB) sudah diamanankan dan pemilik drumnya sedang kita telusuri untuk melengkapi penyidikan. Iya mudah-mudahan kalau dia bisa menunjukkan kita bisa tahu isinya apa karena kita juga belum bisa memastikan apakah zat kimia karena perlu uji lab dari pihak terkait," bebernya.

Sebelum diberitakan, warga Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, resah lantaran mencium bau gas.

Baca juga: Pemkot Bogor Dinilai Tak Serius Pindahkan Pusat Ekonomi

Salah satunya keluhan itu datang dari warga perumahan Vila Bogor Indah 5 Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Sebagian warga mengaku mencium bau gas sejak siang  kemarin. Rupanya keluhan yang sama juga datang dari warga Kabupaten Bogor.

Bahkan sejumlah warga pun ada yang membuat keluhannya di media sosial lantaran bau menyengat tersebut. Sebagain besar warga khawatir bau tersebut bersumber dari kebocoran tabung gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com