Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Surabaya Usulkan Whisnu Sakti Buana sebagai Pengganti Risma

Kompas.com - 28/06/2019, 22:25 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - PDI-P Kota Surabaya mengusulkan Whisnu Sakti Bhuana sebagai calon wali kota Surabaya pengganti Tri Rismaharini di Pilkada Kota Surabaya 2020 mendatang. Usulan itu disampaikan resmi ke DPD PDI-P Jawa Timur, Jumat (28/6/2019).

Nama wakil wali kota Surabaya itu muncul dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) PDI-P Kota Surabaya yang digelar di Surabaya Kamis (27/6/2019). Nama Whisnu muncul sebagai satu-satunya nama yang diusulkan 31 Pengurus Anak Cabang (PAC).

"Seluruh PAC aklamasi memilih nama Pak Whisnu," kata Sekretaris PDI-P Kota Surabaya, Saifuddin Zuhri, Jumat malam.

Alasan utama seluruh PAC menyebut nama Whisnu, kata dia, karena Ketua DPC PDI-P Kota Surabaya itu selama menjabat sebagai ketua DPC beberapa periode terakhir sukses menyolidkan suara PDI-P di Surabaya di setiap momentum politik, termasuk Pemilu 2019.

"Figur Pak Whisnu dianggap berhasil membuat kekuatan PDI-P solid di setiap momentum politik dan berhasil membesarkan PDI-P di Surabaya," terangnya.

Baca juga: Meski Risma Sakit, Pelayanan Pemkot Surabaya Tetap Berjalan Normal

Nama Whisnu, kata dia, masih akan dibahas di tingkat DPD PDI-P Jawa Timur sebelum diserahkan dan diputuskan oleh DPP PDI-P.

"Kami hanya menghimpun suara kader di tingkat DPC, keputusan tetap ada di DPP," terangnya.

Selain mengusulkan nama Whisnu sebagai calon wali kota Surabaya pengganti Risma, nama Whisnu dalam Rakercab PDI-P Kota Surabaya juga diusulkan untuk tetap menjadi Ketua DPC Kota Surabaya 5 tahun ke depan.

Baca juga: Risma Dipastikan Bisa Pulih Lebih Cepat, RSUD Dr Soetomo Ungkap Alasannya

Nama Wisnu belakangan meramaikan bursa calon wali kota Surabaya pengganti Risma. Selain nama Wisnu, juga ada nama Kepala Bappeko Kota Surabaya Eri Cahyadi dan mantan jubir Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat Pilkada Jatim 2018, Zahrul Azhar Asad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com