Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Jenguk Risma di Rumah Sakit Dr Soetomo

Kompas.com - 28/06/2019, 17:53 WIB
Ghinan Salman,
Khairina

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Kalla, menjenguk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang masih dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (28/6/2019).

Kalla menuju rumah sakit setelah menjadi saksi pernikahan putri sulung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di kediamannya, Jalan Jemursari, Surabaya.

Selain Jusuf Kalla, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan sang istri Arumi Bachsin juga datang bersamaan menjenguk Risma di rumah sakit.

Baca juga: Ridwan Kamil Doakan Risma Agar Sembuh dari Sakit

Jusuf Kalla tiba di RSUD Dr Soetomo sekitar pukul 15.18 WIB. Kalla bersama Emil langsung masuk ke ruang ICU dan melihat secara langsung kondisi Risma.

Tujuh menit berada di ruang ICU, sekitar pukul 15.30, Kalla beserta rombongan langsung meninggalkan RSUD Dr Soetomo.

Direktur Utama RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuhadi mengatakan, Wapres Kalla datang menjenguk sekaligus mendoakan agar Risma segera pulih.

Menurut Joni, Wapres Kalla sempat bertatap muka secara langsung dengan Risma, namun hanya sebentar karena Risma masih dirawat di ICU.

"Pak Wapres mendoakan semoga Ibu Risma cepat sembuh. Tadi Pak JK beserta ibu (Mufidah Kalla), Pak Wagub, Ibu Arumi, dan kita yang masuk (ruang ICU), karena memang tidak boleh terlalu banyak di ICU. Waktunya pun sebentar," ujar Joni.

Risma, kata Joni, juga menyampaikan terimakasih atas kunjungan Kalla dan Emil Dardak ke rumah sakit.

"Beliau (Risma) sebenarnya bisa ngomong, tapi karena masih dipasangi alat komunikasinya lewat alat tulis. Bu Risma berterimakasih atas kunjungan wapres dan wagub. Beliau juga menyampaikan salam kepada Bu Gubernur," kata Joni.

Baca juga: Risma Masih Harus Dirawat di ICU Minimal Selama Sepekan

Ia menambahkan, kondisi Risma per hari ini sudah lebih baik lagi daripada hari-hari sebelumnya. Kondisi Risma menunjukkan perkembangan yang cukup bagus.

"Rencana kita, kalau semuanya baik besok akan kita lepas alat bantu pernafasannya. Semuanya menunjukkan perbaikan yang signifikan," ucap dia.

Sebelumnya, kesehatan Risma sempat menurun dan dilarikan ke RSUD Dr M. Soewandhie pada Selasa (25/6/2019) pagi. Malam harinya, Risma kemudian dipindahkan ke RSUD Dr Soetomo untuk mendapat perawatan super intensif di ruang ICU.

Dari hasil diagnosa dokter yang disampaikan  Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita, Risma mengalami sesak nafas atau asma, maag akut serta kelelahan.

Risma menderita penyakit asma sejak usianya masih remaja atau belum menikah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com