Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Tampung Anak Imigran di SD Negeri, Pemkot Pekanbaru Diminta Prioritaskan Anak Lokal

Kompas.com - 28/06/2019, 16:39 WIB
Rachmawati

Editor

PEKANBARU, KOMPAS.com — Rencana Pemerintah Kota Pekanbaru akan menampung anak imigran atau pengungsi bersekolah di SD Negeri setempat disorot anggota DPRD setempat.

"Rencana Disdik itu bagus. Tapi penuhi dulu untuk anak Pekanbaru, baru anak imigran. Apalagi, sekarang banyak warga kita yang mengeluh tidak diterima di beberapa sekolah negeri," kata anggota DPRD Pekanbaru, Mulyadi, di Pekanbaru, Jumat (28/6/2019).

Rencana Dinas Pendidikan yang bakal memfasilitasi ruang belajar sekolah untuk anak pengungsi/imigran di Kota Pekanbaru telah menimbulkan beberapa pandangan di tengah masyarakat. Ada yang pro dan yang kontra.

Baca juga: 12 SD Negeri di Pekanbaru Siap Menampung 200 Anak Keluarga Imigran

Namun, kebanyakan masyarakat Kota Pekanbaru sangat mendukung rencana tersebut karena mempertimbangkan dan menghargai nilai luhur hak asasi manusia, apalagi seorang anak berhak memperoleh pendidikan.

Politisi PKS ini berpendapat, pemenuhan hak anak dalam memperoleh pendidikan, khususnya bagi anak imigran ini, juga harus betul-betul mempertimbangkan kearifan lokal. Jangan sampai terjadi kecemburuan sosial di tengah masyarakat.

Apalagi di tahun ajaran baru ini, banyak orangtua siswa ingin memasukkan anaknya ke sekolah negeri.

"Kalau Disdik tetap dengan rencana itu, tolong penuhi dulu untuk anak warga lokal," katanya.

Sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru telah menetapkan 12 sekolah dasar negeri yang akan jadi lokasi pendidikan bagi 200-an anak imigran setempat.

"Penetapan ini diambil setelah menggelar rapat koordinasi penanganan pengungsi, kemarin," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal.

Baca juga: 200 Anak Keluarga Imigran di Pekanbaru Difasilitasi Sekolah

Menurutnya, Disdik telah memastikan 200-an anak imigran akan ikut pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019/2020, sedangkan penetapan lokasi pendidikannya sudah didata sesuai dengan yang terdekat dengan tempat penampungan imigran.

Diakuinya untuk penerimaan PPDB tahun ini baru diperuntukkan bagi anak imigran yang berada pada tingkat sekolah dasar saja, seperti yang sudah dilakukan Medan.

"Kalau rencana ini berjalan di tahun ajaran baru nanti, kita nomor dua setelah Medan sebagai pembuat program bersekolah bagi anak imigran,” ujarnya.

Syarat lainnya untuk bisa bersekolah, kata Jamal, adalah anak-anak imigran harus bisa berbahasa Indonesia. Ini dilakukan agar mereka bisa berbaur dan mengikuti pelajaran di sekolah.

"Jadi sistemnya dititip ke sekolah yang muridnya kurang. Ada yang tiga orang di satu sekolah, atau bisa lebih. Sesuai dengan jumlah kuota yang mampu ditampung di situ," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com