Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengalihan Arus Terkait Kegiatan Asia Afrika Festival di Bandung

Kompas.com - 28/06/2019, 14:41 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Asia Afrika Festival (AAF) 2019 rencananya akan digelar Sabtu (29/6/2019). Ribuan orang akan meramaikan acara di Kota Bandung tersebut.

Beberapa ruas jalan seperti Jalan Asia Afrika, Tamblong, Braga, Alun-Alun Timur dan Jalan Cikapundung Barat rencananya bakal digunakan untuk festival ini.

Mengingat hal tersebut, Satlantas Polrestabes Bandung telah menyiapkan sejumlah rencana pengalihan arus saat festival berlangsung.

Baca juga: Komentar RK soal Perizinan Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung yang Enggan Dikeluarkan Bupati Bandung Barat

Penutupan akan dilakukan pihak kepolisian dari Kawasan Simpang Empat sebelum hotel Savoy Homan hingga Masjid Agung. Penutupan sendiri rencananya akan dilakukan Sabtu (28/6/2019).

Sedangkan pengalihan arus akan dilakukan bagi kendaraan yang menuju Jalan Sudirman untuk diarahkan ke Jalan Tamblong, kemudian ke Jalan Veteran, lalu ke Jalan Sunda, melalui Jalan Sumbawa, Belitung, Sumatera, Aceh, Merdeka, Perintis Kemerdekaan, Suniaraja, dan Jalan Otista.

Untuk kendaraan yang mengarah Jalan Tegalega akan diarahkan ke Jalan Lengkong Besar, Pungkur, dan Jalan Otista.

"Pengalihan ini hanya berlaku sehari. Rencana pengalihan arus akan dilakukan dari pukul 06.00 sampai dengan acara selesai," ujar Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Santhi Rianawati, di Mapolrestabes Bandung, Jumat (28/6/2019).

Petugas Satlantas Polrestabes Bandung akan dibantu petugas Dinas Perhubungan Kota Bandung saat pengalihan arus berlangsung.

Sebagai informasi, AAF akan diawali pada pukul 08.00. Nantinya, peserta akan mengikuti kegiatan historical walk, berjalan dari pendopo Kota Bandung menuju Palestine Walk yang berada tepat didepan Alun-Alun Bandung untuk melepas burung merpati yang menjadi simbol perjuangan rakyat Palestina.

Pukul 10.00-12.00 WIB, acara dilanjutkan dengan parade kota/kabupaten dan negara sahabat di sepanjang Jalan Asia Afrika. Karenanya, jalan yang digunakan akan di tutup sementara.

Baca juga: Ini Syarat agar Bupati Bandung Barat Keluarkan Izin Proyek KA Cepat Jakarta-Bandung

Usai parade, acara kemudian dilanjutkan dengan hiburan musik yang digelar hingga malam hari di pinggir Gedung Merdeka Jalan Braga.

Mengingat hal tersebut, warga Bandung sebaiknya menghindari sejumlah ruas jalan seperti Jalan Dalem Kaum, dan Jalan Asia Afrika hingga acara selesai dilaksanakan.

Bagi warga yang hendak melihat atau menikmati rangkaian kegiatan AAF, diimbau untuk menggunakan transportasi umum.

Sedangkan yang membawa kendaraan bisa memarkirkan kendaraan di basemen alun-alun dan kantong parkir yang disediakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com