Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Siapkan Rp 14 Miliar Bantu Pendidikan Siswa Miskin

Kompas.com - 28/06/2019, 14:10 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyiapkan anggaran sekitar Rp 14 miliar untuk membantu para siswa miskin bersekolah di sekolah negeri dan swasta untuk tahun ajaran 2019/2020.

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Iwa Karniwa mengatakan, kebijakan itu baru diputuskan setelah ia menggelar rapat dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Jalan Otista, Bandung, Jumat (28/6/2019).

"Barusan dapat persetujuan dari Pak Gubernur, (ada bantuan) khususnya untuk orang yang kebetulan dari sisi keuangan terbatas. Kita sebagai negara wajib membantu kepada siswa yang relatif miskin dari sisi ekonominya. Sudah diakomodir, sudah disetujui gubernur," ujar Iwa, Jumat.

Baca juga: Tahun Depan Ridwan Kamil Akan Gratiskan SPP untuk SMK dan SMA

Iwa menjelaskan, dana itu bersumber dari anggaran Dinas Pendidikan Jabar yang akan dibagikan kepada sekitar 7.000 siswa miskin. Tiap siswa diperkirakan mendapat bantuan sebesar Rp 2 juta untuk dana pendidikan.

"Besarannya Rp 2 juta. Jadi kita siapkan bantuan untuk tahun ajaran baru bisa untuk uang bangunan atau apa," ucap Iwa.

Program tersebut, kata Iwa, merupakan bagian dari rencana sekolah gratis untuk tingkat SMA sederajat yang bakal dimulai tahun 2020.

"Anggaran sudah ada di Disdik. Disdik tinggal melakukan efisiensi," jelasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Doakan Risma Agar Sembuh dari Sakit

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah mematangkan rencana untuk menggratiskan biaya sumbangan pembinaan dan pendidikan (SPP) untuk sekolah tingkat SMK dan SMA.

Hal itu ia bahas saat menghadiri rapat pimpinan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat, Senin (17/6/2019).

"Insya Allah Pemprov Jabar sudah menghitung kalau tidak ada halangan maka SPP SMA, SMK gratis tahun depan," ungkap kata Emil, sapaan akrabnya.

Emil belum menjelaskan secara rinci skema program itu. Namun, ia berharap kebijakan baru tersebut bisa meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com