Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla Kembali Terjadi di 3 Kabupaten di Riau

Kompas.com - 26/06/2019, 16:39 WIB
Citra Indriani,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Riau, Tiga Kabupaten dan Kota, Rokan Hilir, Siak dan Kota Dumai, saat ini masih terbakar dan tim satgas gabungan BPBD, Manggala agni, TNI dan Polri masih berupaya memadamkan titik api.

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengungkapkan, ada 3 Kabupaten dan Kota di Riau yang saat ini mengalami karhutla, Rokan Hilir, Siak dan Kota Dumai.

"Lahan gambut yang terbakar saat ini sebelumnya pernah terbakar dan telah berhasil dipadamkan, namun sekarang terbakar lagi," kata Edwar Sanger saat dikonfirmasi kompas.com, Rabu (26/6/2019).

Baca juga: Satu Peleton Pasukan Kostrad Ditarik ke Dumai Bantu Pemadaman Karhutla

Pemadaman serta pendinginan saat ini masih dilakukan tim satgas gabungan BPBD, Manggala agni, TNI dan Polri di Kota Dumai, tepatnya di Jalan Teungku Umar, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai.

Untuk luas lahan yang terbakar di wilayah tersebut belum bisa diketahui karena petugas saat ini masih fokus untuk memadamkan titik api.

Kemudian, lanjut Edwar, luas lahan yang terbakar di Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di Dusun Sei Gajah, Kelurahan Teluk Nilap, Kecamatan Kubu, kebakarannya terus meluas mencapai 20 hektar dari sebelumnya 10 hektar.

Baca juga: Tim Manggala Agni Menyekat Api Karhutla yang Mengarah ke Permukiman Warga di Dumai

Pemadaman titik api sedikit terkendala disebabkan bahan bakar berupa hamparan ilalang yang cukup luas, meski sudah mulai habis terbakar namun masih meninggalkan tunggul api yang terus mengeluarkan asap yang lokasinya tidak terjangkau alat pemadaman.

"Kita mengantisipasi jika angin kencang, apabila tertiup angin maka akan mudah meluas karena yang terbakar merupakan lahan gambut yang sulit dipadamkan," terangnya.

Baca juga: Dibantu Water Bombing, Petugas Tetap Kesulitan Padamkan Karhutla di Dumai

"Selain itu, petugas kita juga melakukan pemadaman dan pendinginan karhutla di Kabupaten Siak, tepatnya di Jalan Baru Jembatan Siak, Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak. Luas lahan yang terbakar mencapai 2 hektar," ucap Edwar.

Selain melakukan pemadaman oleh tim satgas, pihak kepolisian dari gakkum juga tengah melakukan penyelidikan penyebab kebakaran hutan dan lahan, jika ditemukan adanya indikasi kesengajaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com