Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantian Panjang Kasmi Bertemu dengan Anaknya Setelah 30 Tahun Berpisah, Ini Kisahnya

Kompas.com - 26/06/2019, 11:57 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com — Tangis Kasmi pecah setelah bertemu dengan anak-anaknya yang pernah ia tinggalkan hampir 30 tahun, Selasa (25/6/2019).

Anak-anaknya, terutama Sangkut Lestari (35) yang masih mengenali wajah ibunya itu, tak kuasa membendung air mata hingga suasana haru menyelimuti pertemuan ibu dan anak-anak tersebut.

Bahkan, adik-adik Sangkut yang tidak mengenali ibunya ikut belari keluar rumah mengikuti kakaknya menyongsong sosok wanita tua itu untuk saling berpelukan.

Kasmi yang kini sudah berusia 60 tahun adalah warga Bedeng Sentral, Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan.

Berdasarkan pantauan Tribunsumsel.com, kedatangan Kasmi ke rumah anaknya diantar oleh jajaran Polsek Lawang Kidul dan Polres Muaraenim.

Baca juga: Kisah Sukses Agus Yusuf, Pelukis dengan Mulut dan Kaki, Bisa Pameran Keliling Dunia

Kasmi menceritakan, 30 tahun lalu itu terpaksa meninggalkan anak-anaknya karena diajak bekerja oleh seseorang ke Ibu Kota. Namun, sampai di sana, Kasmi malah ditelantarkan oleh orang tersebut.

Kasmi mencoba bertahan hidup dengan mencari kerja sebagai pembantu rumah tangga dari rumah ke rumah. Sampai akhirnya pada 2003, Kasmi bekerja di rumah Brigjen Imam Sigianto yang merupakan Karobinops Sops Polri. 

"Sama beliau saya cerita perjalanan hidup saya dan saya tidak menyangka kalau ternyata sama beliau mencari jejak anak-anak saya," katanya, Selasa.

Kasmi kemudian diberi tahu akan dipertemukan dengan anak-anaknya.

"Tadi waktu pertama kali bertemu, saya bingung yang mana anak-anak saya karena saya tidak mengenali wajah mereka lagi. Waktu saya pergi dulu mereka masih sangat kecil-kecil," ungkapnya.

Baca juga: [BERITA POPULER] Korban Tewas 22 Mei Diduga Dieksekusi di Tempat Lain | Kisah Mantri Patra yang Meninggal di Pedalaman Papua

Sangkut Lestari (35 tahun), anak tertua Kasmi, menuturkan bahwa ia sama sekali tak menyangka setelah hampir sekitar 30 tahun kehilangan jejak ibu kandungnya tersebut.

Sampai tiba ketika dia bisa memeluk dan bertemu kembali dengan ibu kandung yang sudah lama ia rindukan.

"Saya tidak menyangka hari ini bisa memeluk ibu saya lagi setelah dulu ia pergi meninggalkan saya dan adik-adik saat saya masih duduk di kelas IV SD," katanya.

Lestari mengatakan, ia masih ingat wajah ibunya. Namun, tidak dengan adik-adiknya karena saat ditinggalkan, mereka masih kecil.

"Maka, tadi waktu ibu keluar dari mobil, saya yang duluan kenal wajah ibu saya," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com