Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Harga Anjlok, Peternak di Jawa Tengah Akan Bagikan 10.000 Ayam Hidup Gratis

Kompas.com - 25/06/2019, 12:08 WIB
Labib Zamani,
Rachmawati

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Sebanyak 10.000 ekor ayam hidup akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat di lima kecamatan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/6/2019).

Pembagian ayam hidup tersebut sebagai bentuk protes peternak ayam mandiri di wilayah Jateng dan DIY kepada pemerintah, atas anjloknya harga daging ayam ras di pasaran.

Rencananya, pembagian ayam dimulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggas Rakyat Indonesia (Pinsar Indonesia) JawaTengah, Parjuni menyampaikan pembagian ayam gratis tersebut dilakukan serentak di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Harga Ayam Ras Anjlok, Peternak di Pekalongan Rugi Puluhan Juta Rupiah

Di Jawa Tengah, pembagian akan dilakukan di Solo dan Klaten.

Sementara di Solo titik pembagian dilakukan di lima kecamatan, yaitu Banjarsari sebanyak 2.000 ekor, Laweyan sebanyak 1.500 ekor, Pasar Kliwon sebanyak 1.500 ekor, Jebres sebanyak 1.500 ekor, dan Serengan sebanyak 1.500 ekor. Sedang sisanya akan dibagikan di Klaten.

"Kita sudah siapkan kupon kepada masyarakat sesuai dengan jumlah ayam yang dibagikan per kecamatan. Pembagian dilakukan Pak Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo," katanya saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (25/6/2019).

Ia mengatakan, selama enam bulan terakhir peternak sudah rugi. Bahkan sebagian peternak sampai menjual aset mereka untuk menambah modal usaha. Bukannya untung, setelah menjual aset, para peternak justru semakin merugi.

"Jadi sudah parah sekali harga ayam ini. Hari ini di lapangan itu hanya Rp 8.000-Rp 9.000 per kilogram," terangnya.

Baca juga: Prihatin Harga Ayam Murah, Peternak Bagi-bagi 5.000 Ayam Gratis

Merujuk Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 96 Tahun 2018, harga pokok produksi (HPP) ditentukan sebesar Rp 18.000 per kilogram. Sedangkan untuk batas atas ditetapkan sebesar Rp 20.000 per kilogram.

"Aturan itu (Permendag) sampai hari ini tidak terealisasi," ujar dia.

Jika aksi protes tersebut tidak ada respon dari pemerintah, tegas Parjuni, peternak mandiri mengancam akan mengadakan aksi demo besar-besaran dengan mendatangi Istana Negara.

"Karena kemarin sudah kita lakukan protes ke pemerintah tapi sampai sekarang belum ada respon. Dan ini sudah posisi puncak peternak mandiri memang harus segera melakukan aksi demo besar-besaran," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com