Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Ikhlaskan Jenazah TKW yang Tewas Akibat Kebakaran, Dimakamkan di Saudi

Kompas.com - 23/06/2019, 08:53 WIB
Idham Khalid,
Rachmawati

Tim Redaksi

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com- Keluarga Kaini (32), warga Lingkungan Wakul, Kelurahan Renteng, Lombok Tengah, salah satu TKW yang tewas akibat kebakaran di Arab Saudi, mengikhlaskan jika Kaini harus dimakamkan di Arab Saudi.

Hal tersebut diungkapkan Kasim (26) adik korban kepada Kompas.com Sabtu (22/6/2019)

"Semalam kami musyawarah bersama keluarga. Sepakat untuk tidak mengembalikan jenazah Kaini. Biar sudah dimakamkan di sana," kata Kasim.

Keluarga mempertimbangkan jika jenazah dipulangkan ke tanah airnya maka akan memakan waktu yang lama di perjalanan.

"Kami mempertimbangkan jika jenazah akan dipulangkan akan memakan waktu lama. Tidak apa-apa juga dimakamkan disana. Disana kan tanah suci," kata Kasim.

Baca juga: Disnaker NTB Sebut Ada TKW asal Lombok Tengah Tewas Akibat Kebakaran di Saudi

Keluarga Kaini hanya berharap, agar jenazah Kaini bisa dimakamkan dengan sebaik-baiknya.

"Harapan kami jenazahnya bisa dimakamkan dengan baik, layak disana. Jadi kita sudah ikhlaskan, dikubur di sana saja," katanya,

Seperti kebiasaan adat Sasak, pihak keluarga Kaini akan mengadakan tahlil selama sembilan hari kedepan saat malam hari untuk mendokan Kaini.

Kaini adalah salah satu tenaga kerja wanita ( TKW) asal Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang meninggal akibat kebakaran di mes di Arab Saudi, Jumat (21/6/2019).

Baca juga: Sebelum Tewas Terbakar di Arab Saudi, Kaini Ingin Pulang usai Ibadah Haji

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat Agus Patria mengungkapkan informasi tersebut berasal dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) ada korban jiwa TKW asal NTB di Arab Saudi Saudi.

“Memang benar ada kejadian, kami baru dapat informasi dari BP3TKI bahwa ada warga asal Lombok meninggal di Arab Saudi diduga akibat kebakaran," kata Agus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com