Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa Bermagnitudo 6,3 di Kabupaten Sarmi Papua, 39 Rumah Rusak

Kompas.com - 21/06/2019, 22:19 WIB
Dhias Suwandi,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 6,3 yang mengguncang Kabupaten Sarmi, Papua, pada Kamis (20/06/2019) dinihari menyebabkan 39 rumah rusak dan warga harus mengungsi.

Daerah yang terdampak gempa tersebut adalah Kampung Togonfo, Distrik Tor Atas Dan Kampung Munukania, Distrik Sarmi Selatan.

"Kita sudah menerima langsung laporan dari kepala kampung dan warga serta melihat kondisi rumah penduduk yang rusak serta bangunan lainnya di dua kampung dan hal ini harus menjadi perhatian kita bersama," ujar Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Lamberth Jerry Mailoa melalui rilis, Jumat (21/06/2019).

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 6,3 Guncang Memberamo Tengah Papua

Tidak hanya rumah warga yang mengalami kerusakan, tetapi rumah ibadah dan bangunan sekolah juga terdampak bencana tersebut.

Dari kerusakan bangunan yang sudah didata, didapatkan sejumlah 26 unit rumah penduduk rusak ringan dan rusak berat di Kampung Munukania Distrik Sarmi Selatan sedangkan untuk korban jiwa nihil.

Selanjutnya di Kampung Togonfo Distrik Tor Atas diketahui 13 unit rumah rusak ringan dan rusak berat, 1 bangunan Sekolah Dasar (SD) rusak berat, 1 bangunan gereja mengalami rusak ringan dan tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 5,1 Guncang Talaud, Tak Berpotensi Tsunami

Lambert menjelaskan, Informasi mengenai dampak gema bumi tersebut cukup lama didapat karena jarak dari ibu kota kabupaten cukup jauh, kondisi jalan tidk baik dan jaringan telekomunikasi belum tersedia.

"Dari data di lapangan, akan kita laporkan dan koordinasikan dengan Bapak bupati untuk menjadi perhatian kita bersama agar segera di tindak lanjuti dengan perbaikan bangunan rumah penduduk yang rusak termasuk bangunan sekolah dan gereja," tuturnya.

Sementara Kepala Kampung Munukania, Nahor Wiraso berharap warganya segera mendapat bantuan bahan makanan dan bahan bangunan.

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 4,6 Guncang Lombok Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

Ia mengakui kesulitan untuk menyampaikan informasi mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi karena jarak dan kondisi jalannya tidak baik.

"Kita kesulitan untuk melapor kepada pemerintah daerah karena jauhnya jarak kampung ke kota untuk melaporkan kejadian ini dan sinyal pun tidak ada di sini," ucapnya.

Gempa bumi yang mengguncang Sarmi terjadi pada pukul 00.24 WIB atau 02.24 WIT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com