Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pak Menteri Lho yang Janji, Saya Tinggal Nagih Janjinya...

Kompas.com - 20/06/2019, 17:39 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Usai menghadiri acara kondangan di Surabaya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan tiba di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, dalam rangka pembagian 3.200 sertifikat kepada masyarakat, Kamis (20/6/2019) siang.

Sebelum Jokowi dan rombongan tiba, Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil sempat menyebut lahan di Kabupaten Gresik semuanya bakal bersertifikat pada empat tahun ke depan.

Hal ini dikatakan Sofyan setelah berbincang dengan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan juga Kepala BPN Gresik Asep Heri.

Bahkan, Sofyan menyampaikan hal tersebut di atas podium juga dengan didampingi bupati dan kepala BPN Gresik.

Terkait hal ini, Presiden Jokowi pun memberikan komentar.

“Tadi juga dijanjikan oleh Pak Menteri (Sofyan Djalil), Gresik pada 2024 semua sertifikat rampung, Pak Menteri lho yang janji. Saya tinggal nagih janjinya, bapak-ibu juga harus nagih janjinya. Sekarang menteri kerja itu pake target, nggeh mboten?” kata Jokowi di hadapan para penerima sertifikat.

Baca juga: Jokowi: Bapak Ibu yang Pegang Sertifikat Tanah Sangat Beruntung

Jokowi berharap sertifikasi yang dilaksanakan oleh BPN untuk lahan di seluruh Indonesia saat ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sampai kepada warga sebagai penerima manfaat.

“Biar jelas, yang dibagi kayak sekarang 3.200 sertifikat jelas, tidak hanya simbolis 12 (sertifikat) yang di depan saja, nggak. Selalu saya suruh angkat, sehingga sertifikat itu benar-benar dipegang oleh yang benar, jangan simbolis,” ucap dia.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, sertifikasi lahan untuk warga saat ini sebagai upaya percepatan agar seluruh bidang lahan di Indonesia dapat bersertifikat. Sebab, dari 126 juta bidang tanah di tahun 2015, baru 46 juta yang bersertifikat.

Baca juga: Jokowi Diagendakan Bagikan 3.200 Sertifikat Tanah di Gresik

Jika pola yang dipakai BPN saat ini yang hanya mampu memberikan 500.000 sertifikat per tahun, maka untuk memenuhi 80 juta sertifikat akan membutuhkan waktu 160 tahun, sehingga dibutuhkan percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com