Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Malam, Wali Murid Masih Bertahan di Kantor Dinas Pendidikan Surabaya

Kompas.com - 20/06/2019, 05:28 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan wali murid yang memprotes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP masih bertahan di Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya hingga Rabu (19/6/2019) pukul 22.00 WIB.

Sama dengan wali murid tingkat SMA, mereka mendesak PPDB sistem zonasi dihapus dan kembali memberlakukan sistem lama.

Pukul 18.00 WIB, bahkan massa wali murid sempat memaksa masuk ke dalam kantor untuk menemui kepala dinas pendidikan Kota Surabaya.

Baca juga: Kamis Dini Hari, PPDB Online SMA di Jatim Kembali Dibuka

Kericuhan sempat terjadi karena perwakilan yang masuk belum puas dengan keterangan kepala dinas pendidikan Kota Surabaya. Untungnya, polisi dan Satpol PP berhasil meredakan suasana.

Para wali murid bukan tidak akan berhenti menggelar aksi protes sampai kepentingan putra putrinya terfasilitasi untuk masuk SMP negeri.

"Besok sore kami akan kembali lagi ke sini dengan massa yang lebih banyak," kata salah seorang koordinator pengunjuk rasa melalui pengeras suara.

Sunaryo, salah seorang wali murid mengaku kecewa dengan sistem zonasi PPDB. Menurut warga Jalan Rangka Buntu Surabaya itu, penentuan lokasi yang dipakai sistem zonasi tidak valid.

"Lokasi rumah yang lebih jauh dari sekolah masuk, sementara lokasi yang lebih dekat tidak masuk. Jarak hanya selisih beberapa meter saja," ujar dia.

Baca juga: Disdik Jabar: Pendaftar PPDB di Depok Membeludak karena Sekolah Tidak Merata

Dia berharap, jika pemerintah memang menerapkan sistem zonasi pada PPDB tahun ini lebih adil pada penentuan titik lokasi tempat tinggal.

Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengaku sudah menerima semua masukan dan keluhan para wali murid sejak dari kemarin.

"Aspirasi dan masukan akan kami tampung dan kami akan teruskan kepada Kemendikbud," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com