Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Napi Rutan Selatpanjang Coba Kabur dengan Menjebol Dinding Menggunakan Sendok

Kompas.com - 19/06/2019, 23:58 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Sebanyak lima tahanan di Rutan Kelas II Selatpanjang, Kepulauan Meranti, ketahuan hendak melarikan diri dengan cara menjebol dinding tahanan menggunakan sendok, Senin (16/6/2019)

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Cabang Rumah Tahanan Selatpanjang Rio Khaidir.

Empat napi yang terlibat dalam aksi tersebut adalah kasus narkotika dan satu napi lainnya merupakan napi kasus pencurian.

Rio mengatakan, napi yang ingin kabur tersebut berusaha membobol tembok kamar mandi yang berada di dalam ruang tahanan.

Namun, upaya itu gagal karena saat ketahuan petugas.

"Mereka berusaha untuk melarikan diri dengan membobol tembok dengan menggunakan sendok. Namun, tembok yang baru dilubangi setengah itu diketahui oleh petugas yang melihat suasana tak lazim di kamar mandi saat melakukan kontrol," kata Rio, Rabu (19/6/2019).

Baca juga: Napi Kabur dari Rutan Lhoksukon Ditemukan Tewas di Sungai

Rio mengatakan, upaya untuk kabur telah dipersiapkan oleh kelima napi secara matang. Dimana mereka telah melakukan pembobolan tembok selama sepekan.

Alat yang yang digunakan adalah sendok besi runcing yang ditajamkan menggunakan kikir. Diketahui kikir tersebut diselundupkan oleh istri salah seorang napi.

"Dari pengakuan mereka, sudah seminggu lamanya mereka mencungkil dinding kamar mandi secara bergantian sejak Lebaran ketiga. Alat yang digunakan adalah sendok besi yang ditajamkan dengan kikir. Kikir itu diselundupkan oleh istri salah seorang napi saat open house kemarin," ungkap Rio.

Baca juga: 52 Napi yang Kabur dari Rutan Lhoksukon, Diberi Waktu 4 Hari untuk Menyerahkan Diri

Kelima napi tersebut mengaku menyesal dan saat ini mereka diasingkan di dalam sel terpisah dan akan menjalani hukuman disiplin.

"Setelah gagal kabur, mereka mengaku menyesal, karena tembok lapas sangat tebal. Mereka juga mengaku melakukan hal tersebut karena tidak sanggup menjalani hukuman di Rutan," kata Rio.

"Kita akan memperkuat intern, selain itu akan kita lakukan pendekatan yang humanis agar suasana lebih kondusif, karena rata- rata di sini banyak yang tidak kuat menjalankan masa hukuman," kata Rio.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul: Berniat untuk Kabur, 5 Tahanan Rutan Selatpanjang Ketahuan Jebol Dinding Kamar Mandi Pakai Sendok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com