Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tangkap 4 Pelaku Pembobol ATM Kelompok Lampung, 1 Masih Buron

Kompas.com - 19/06/2019, 15:10 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Komplotan pelaku percobaan pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berhasil dibekuk aparat Polres Magelang. Para pelaku ini dikenal dengan kelompok Lampung yang kerap beraksi di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, komplotan berjumlah 5 orang, namun 4 orang yang diamankan, sedangkan seorang lagi masih buron. Mereka dibekuk usai beraksi di sebuah ATM Bank Jateng di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Minggu (12/5/2019) lalu.

“Untuk membobol brankas ATM mereka menggunakan alat las. Ada pelaku yang pernah bekerja di perusahaan las sehingga berpengalaman," terang Yudi, dihubungi, Rabu (19/6/2019).

Baca juga: Bobol ATM dengan Remote Control di Batam, 2 Pria Ditangkap Saat Kabur ke Lampung

Yudi menyebutkan, identitas mereka antara lain Sigit Purnomo (28) dan Ibnu Wahyudi (27) warga Desa Adirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur;

Rustanto alias Kento (34) warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang; dan Juvan Bahri (32), warga Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga.

"Pelaku Ibnu dan Juvan diproses dalam kasus serupa di Polres Semarang. Sedangkan satu pelaku lagi, YD, dinyatakan masih DPO," jelas Yudi.

Baca juga: Bobol ATM, Empat Warga Rumania Ditangkap di Bali

Menurut Yudi, komplotan tersebut tidak hanya melakukan upaya pembobolan ATM akan tetapi juga tindak pidana lain yakni pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian sepeda motor (curanmor).

Sebelum nyaris membobol ATM di Kecamatan Pakis mereka juga melakukan curanmor di RSU Syubbanul Wathon Kecamatan Tegalrejo.

“Awalnya mereka melakukan curanmor di RSU Syubbanul Wathon Tegalrejo. Kemudian anggota melakukan penyelidikan, pada saat bersamaan ada kejadian kasus percobaan pencurian ATM Bank Jateng, ternyata pelakunya sama," ungkap Yudi.

Baca juga: 91 Kali Bobol ATM, Ramyadjie Priambodo Dapat Rp 300 Juta

Selain beraksi di Magelang, komplotan ini telah beraksi di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP), meliputi 3 curanmor di Kabupaten Tegal, 5 TKP curanmor di Kabupaten Semarang, 1 TKP curat di Kabupaten Boyolali, 1 TKP curas di Kabupaten Semarang dan 1 TKP curat di Indomaret Ungaran.

Pihaknya kemudian bekerja sama dengan Polres Semarang dan Polres Tegal untuk melakukan penangkapan. Mereka ditangkap salah satunya dikenali dari CCTV di sekitar TKP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com