Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Tanah Datar Sumbar Buka 243 Lowongan untuk CPNS dan PPPK

Kompas.com - 19/06/2019, 14:07 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat membuka lowongan 243 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Ada 243 lowongan yang kita buka untuk penerimaan 2019 ini. Rinciannya 70 persen untuk PPPK dan 30 persen untuk CPNS," kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanah Datar, Suhermen yang dihubungi Kompas.com, Rabu (19/6/2019).

Suhermen mengatakan lowongan itu sesuai dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun, pindah dan meninggal dunia hingga 1 Januari 2019 mendatang.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019, Pemprov Riau Butuh 10.381 PNS

"Dari data kami ada 243 ASN yang pensiun hingga 1 Januari 2019, pindah dan meninggal dunia. Makanya sesuai dengan imbauan Kemenpan RB, kita membuka lowongan sesuai angka itu," kata Suhermen.

Suhermen menjelaskan untuk CPNS semuanya diperuntukkan bagi tenaga teknis seperti akuntan, sekretariat daerah, sekretariat DPRD dan lainnya. Sementara untuk PPPK mayoritas untuk guru dan tenaga kesehatan.

Dibandingkan dengan rekrutmen CPNS 2018 lalu, Pemkab Tanah Datar menjaring 287 formasi. Tapi ada empat formasi yang tidak terisi untuk dokter spesialis.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2019, Pemkot Bukittinggi Butuh 105 PNS

Pada seleksi CPNS 2019 ini Pemkab Tanah Datar akan memprioritaskan formasi yang belum terisi.

"Dalam instruksi Kemenpan RB, rekrutmen CPNS akan diutamakan untuk unit kerja atau OPD yang tidak menerima CPNS pada 2018," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com