Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobot Turun 107 Kg, Arya, Bocah Obesitas Didamping Ade Rai Saat Olahraga

Kompas.com - 19/06/2019, 08:27 WIB
Farida Farhan,
Rachmawati

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Siang itu, Arya mengaku badannya pegal-pegal. Ia baru pulang dari tempat fitness milik Ade Rai di Bandung untuk olahraga.

Arya Permana (13) adalah warga Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Ia sempat mengalami obesitas dengan berat badan mencapai 192 kilogram. Namun kini berat badan Arya turun menjadi 85 kilogram.

Pada 2017 lalu, Arya sempat menjalani operasi bariatrik di RS Omni Alam Sutera, Tangerang. Setelah operasi, Arya mengaku gampang kenyang dan porsi makannya berkurang drastis.

"Kemarin habis olahraga di tempat Om Ade (Ade Rai) di Bandung," kata Arya saat ditemui Kompas.com di rumahnya, di Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Selasa (18/6/2019).

Baca juga: Bobot Turun dari 192 Kg Jadi 85 Kg, Arya Akan Jalani Operasi Gelambir

Ade Rai memang turut membimbing Arya. Salah satunya dengan olahga. Arya kerap mampir ke tempat fitness milik Ade Rai di Bandung saat kontrol ke RSHS Bandung.

Saat ini, Arya memang gemar berolahraga, mulai dari jalan kaki, renang, hingga bermain sepak bola. Semangatnya, membuat kedua orang tuanya turut bersemangat.

"Sekarang rajin olahraga. Alhamdulillah anaknya (Arya) punya kemauan," kata Ade Somantri, ayah Arya.

Berkat kegigihan Arya dan pendampingan dari orangtua serta bantuan dari banyak pihak, berat badan Arya berangsur turun. Bahkan baju Arya tiga tahun lalu, saat ini sudah kebesaran.

"Bajunya kebesaran," ujar Arya saat mencoba kembali bajunya dibantu ibunya, Rokayah.

Arya kini sudah bisa beraktifitas selayaknya anak-anak pada umurnya. Tahun ini dia juga mulai sekolah di SMP dan sudah mahir bermain sepak bola, naik motor, hingga berenang.

"Suka renang di kali (sungai) yang dalamnya lima meter. Di Green Canyon (Karawang)," katanya.

Baca juga: Dari Bobot 192 Kg Jadi 85 Kg, Arya Kini Mampu Berenang di Green Canyon hingga Naik Motor

Sementara itu Ade, ayah Arya pun mengaku bersyukur banyak pihak yang membantu anaknya. Ia dan isterinya, tak berhenti berucap syukur dan tak berhenti berdoa.

Arya rencananya akan kembali menjalani operasi untuk mengilangkan gelambir akibat hilangnya lemak di tubuhnya. Hanya saja, pelaksanaan operasinya masih menunggu hasil pemeriksaan dokter. Sementara estimasi biayanya sekitar Rp 200 juta untuk empat hingga enam kali operasi. Berdasarkan koordinasi awal, biaya operasi akan ditanggung BPJS Kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com