Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Ruko dan Kios Ludes Terbakar di Pasar Alahan Panjang, Diduga Akibat Arus Pendek

Kompas.com - 18/06/2019, 20:51 WIB
Perdana Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 12 rumah toko (ruko) dan kios di Pasar Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, hangus terbakar dilalap api, Selasa (18/6/2019).

Kebakaran hebat itu terjadi sekitar pukul 02.50 WIB saat warga terlelap tidur. Kerugian ditaksir Rp 800 juta dan tidak ada korban jiwa.

Kapolres Solok Arosuka AKBP Ferry Irawan membenarkan terjadinya kebakaran yang menghanguskan sebagian ruko dan kios di Pasar Alahan Panjang itu.

"Benar terjadi kebakaran hebat. Ada 12 ruko dan kios yang hangus terbakar," katanya yang dihubungi Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Kebakaran Pasar Blok A Sebabkan Kerusakan Kecil Pagar Stasiun MRT

Menurut Ferry, pihaknya telah memagari lokasi kebakaran dengan garis polisi untuk memudahkan petugas melakukan penyelidikan.

"Dugaan sementara disebabkan arus pendek listrik dari kedai makanan yang ada di ujung pasar. Namun demikian, kami bersama tim Identifikasi Polres Solok masih menyelidikinya," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang saksi mata, Wali Nagari Alahan Panjang, Zulkarnaini menyebutkan, api sudah membesar dari arah petak kios paling ujung yang menjual makanan, kemudian merambat dengan cepat.

Warga yang berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya tak mampu berbuat banyak.

Baca juga: Jelang Lebaran, Korban Kebakaran Pasar Kosambi Mulai Berjualan

 

"Api baru bisa dikendalikan sekitar pukul 04.30 WIB menjelang subuh, setelah tim pemadam dari Kabupaten Solok yang biasa siaga di Alahan Panjang turun ke lokasi kejadian memadamkan bersama warga setempat," ujarnya.

Pasar Alahan Panjang itu merupakan pasar tradisional sentral untuk tujuh nagari yang ada yaitu Alahan Panjang, Sungai Nanam, Salimpek, Aie Dingin, Talang Babungo, Sariak Alahan Tigo dan Sungai Abu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com