Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Warga Bangka Terjangkit Penyakit Kaki Gajah

Kompas.com - 18/06/2019, 10:00 WIB
Rachmawati

Editor

BANGKA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 13 orang di  wilayahnya menderita penyakit kaki gajah (lymphatic filariasis).

Kasi Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Menular, Surveilans, dan Imuniasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Sopianto di Sungailiat, Senin (17/6/2019) mengatakan, 13 orang penderita penyakit kaki gajah itu diakibatkan oleh cacing mikrofilaria yang menularannya melalui gigitan semua jenis nyamuk.

"Rata-rata usia penderita penyakit kaki gajah yang sampai sekarang masih bertahan pada usia produktif 30 tahun bahkan ada yang sudah 60 tahun," katanya.

Baca juga: 3 Wisatawan Tewas di Bangka Belitung, Pengelola Wisata Abaikan Standar Keselamatan

Dia mengatakan, penyakit kaki gajah yang disebabkan oleh cacing mikrofilaria, adalah kategori penyakit yang membahayakan karena dapat mengakibatkan cacat permanen bagi penderitanya.

Menurutnya, pihaknya terus melakukan pendampingan bagi penderita kaki gajah langsung kerumah yang bersangkutan dengan memantau rutin setiap bulannya.

"Kami melakukan pendampingan penderita kaki gajah untuk mengetahui perkembangan penyakitnya, termasuk memberikan cara tekhnik perawatan kaki penderita agar jangan sampai luka bagi penderita yang mengalami cacat permanen, harus dilakukan kontrol pengobatan dan perawatan rutin oleh pihak puskesmas terdekat," katanya.

Baca juga: Tradisi Gerbang Api, Satukan Masyarakat di Bangka saat Ramadhan

Dia mengatakan, proses perkembangan penyakit kaki gajah baru diketahui gejala awalnya setelah masa inkubasi penyalit lima sampai tujuh tahun akan terjadi pembengkakan kelenjar gentah bening terutama di bagian kakinya.

"Akibatnya, akan terjadi pembesaran atau pelebaran pembuluh darah dan menyerang kelenjar limfa pada penderita penyakit kaki gajah," jelasnya.

Sopianto mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerahnya, untuk memperhatikan kebersihan lingkungan, karena diketahui kondisi lingkungan akan mempengaruhi terjadinya semua jenis penyakit.

Artikel ini telah tayang di Antarnews.com dengan judul Dinas Kesehatan catat 13 orang penderita kaki gajah di Bangka


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com