Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,6 di Lembata Dirasakan hingga 6 Wilayah di NTT

Kompas.com - 17/06/2019, 14:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (17/6/2019) siang.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,99 derajat lintang selatan dan 123,04 derajat bujur timur.

Pusat gempa bumi berada pada 75 kilometer barat daya Kabupaten Lembata, dengan kedalaman 117 kilometer.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Lembata, NTT

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi," kata Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Robert Owen Wahyu kepada Kompas.com, Senin siang.

Hasil analisis mekanisme sumber lanjut Robert, menunjukkan bahwa gempa di wilayah Laut Sawu ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa ini adalah subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6.4 Magnitudo Guncang Maluku

Menurut Robert, guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Lembata, Kabupaten Ende dengan intensitas III-IV MMI, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Alor II-III MMI, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao I-II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami,"tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com