Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi PPDB di SMA 3 dan 5 Bandung, Ratusan Orangtua Rela Antre Sejak Pagi

Kompas.com - 17/06/2019, 12:12 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Ratusan orangtua siswa mengantre dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di SMA Negeri 3 dan 5 Kota Bandung, Jalan Belitung, Senin (17/6/2019).

Mereka datang dari pagi hari untuk mendapat nomor antrean pendaftaran. Dari pantauan Kompas.com di lokasi, para orangtua siswa tampak sibuk mempersiapkan berkas pendaftaran di lorong sekolah.

Pemandangan itu terjadi di dua sekolah yang berlokasi berdampingan tersebut. SMA 3 dan 5 memang dikenal sebagai salah satu sekolah populer di Bandung.

Baca juga: PPDB SMA Negeri di Jawa Barat Dimulai Hari Ini, Begini Alurnya

Irman (57), salah seorang orangtua siswa mengaku datang sejak pukul 06.00 WIB dengan harapan mendapat nomor pendaftaran lebih awal. Pendaftaran sendiri baru dibuka pukul 08.00 WIB.

"Iya, saya datang jam 06.00 WIB. Saya ambil izin enggak masuk kerja buat daftarin anak. Mudah-mudahan bisa keterima," ucap Irman, Senin.

Humas SMA 3 Bandung Sapto Laksono mengatakan, ada 340 kursi yang disediakan pihak sekolah dengan rincian 10 kelas (34 rombongan belajar). Ia tak mengetahui pasti berapa jumlah pendaftar.

"Sekarang masih proses (verifikasi). Tadi sudah diberikan nomor antrean, ada lebih dari 300 calon pendaftar. Setiap pendaftar yang hadir hari ini, akan dibarukan (datanya) lagi hari berikutnya. Kami tutup pukul 14.00," ujar Sapto.

Baca juga: Ngeriiih..., Orangtua Mulai Mendaftar PPDB 2019 Depok Jam 5 Pagi

Sapto mengatakan, dalam PPDB kali ini ada tiga jalur yang disediakan beserta turunannya. Jalur zonasi jarak 55 persen (kuota 187 kursi), jalur kombinasi 15 persen (51 kursi), KETM dan ABK 20 persen (68 kursi), Prestasi UN 2,5 persen (9 kursi), prestasi non-UN 2,5 persen (8 kursi), perpindahan orangtua 5 persen (17 kursi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com