Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Maut di Tol Cipali karena Sopir Bus Diserang Penumpang

Kompas.com - 17/06/2019, 11:04 WIB
Robertus Belarminus

Editor

CIREBON, KOMPAS.com — Kecelakaan maut yang terjadi di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) Km 150 pada Senin (17/6/2019) dini hari disebabkan sopir bus diserang oleh penumpang.

Peristiwa yang terjadi di wilayah Kabupaten Majalengka itu mengakibatkan 12 korban meninggal dunia dan 37 orang luka-luka.

Kecelakaan itu melibatkan Bus Safari (sebelumnya disebutkan Bus Safari Dharma Raya)  berpelat nomor H 1469 CB, Mitsubishi Xpander, Toyota Innova berpelat nomor B 168 DIL, dan Mitsubishi truk berpelat nomor R 1436 ZA.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Cipali, 12 Orang Tewas

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan, pegemudi bus diserang penumpang bernama Anshor (29).

"Itu berdasarkan keterangan saksi, penumpang bus juga inisialnya W (49)," ujar Rudy Sufahriadi saat ditemui di RS Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon, seperti dilansir dari Tribunnews.com, Senin (17/6/2019) siang.

Ia mengatakan, menurut saksi saat itu, Anshor mencoba mengambil alih kemudi bus yang melaju dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

"Bus langsung oleng dan melebar ke jalur kendaraan dari arah Jawa Tengah ke Jakarta," kata Rudy Sufahriadi.

Baca juga: Cerita Pemudik yang Tak Sengaja Tinggalkan Istri dan Mertua di Rest Area Tol Cipali

Akhirnya bus tersebut menghantam tiga kendaraan lain secara beruntun.

Menurut dia, dalam kecelakaan itu 12 korban meninggal dunia, yaitu 6 penumpang Mitsubishi Xpander, 3 penumpang Toyota Innova, dan 3 penumpang bus termasuk sopir.

"Korban luka-luka ada 37 orang. Semuanya dievakuasi ke RS Mitra Plumbon untuk mendapatkan perawatan medis," ujar Rudy Sufahriadi.

 

Catatan: Pihak kepolisian Jawa Barat hingga siang ini menyebutkan bahwa bus yang terlibat dalam kecelakaan maut ini adalah Bus Safari Dharma Raya. Sementara itu, Wakil Dirut LMS selaku pengelola Tol Cipali menyebutkan, bis yang terlibat kecelakaan adalah Bus Safari.

 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul: "UPDATE Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Kecelakaan karena Sopir Bus Tiba-tiba Diserang Penumpang" (TribunJabar.id/Ahmad Imam Baehaqi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com