Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 5,1 Guncang Sumba Timur, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 17/06/2019, 05:15 WIB
Robertus Belarminus

Editor

SUMBA TIMUR, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Senin (17/6/2019) pukul 03.13 WIB, meski tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Dilansir dari Antara, berdasarkan data dari BMKG, pusat gempa berada pada koordinat -10,41 Lintang Selatan (LS) dan 120,08 Bujur Timur (BT) atau 16 kilometer arah barat daya Sumba Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Kapal Kargo Terbakar di Perairan Sumba Timur, NTT

Gempa tersebut selain dirasakan oleh masyarakat Karera juga dirasakan oleh masyarakat yang berada di Waingapu, Nusa Tenggara Timur, dalam waktu sama.

Adapun lokasinya berada di 10.50 LS, 120.02 BT. Pusat gempa berada di laut 96 kilometer Selatan Waingapu, kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Seorang Pemuda di Sumba Timur Diamankan karena Diduga Terlibat Politik Uang

Sebelumnya, gempa juga terjadi pada pukul 21.00 WIB dengan magnitudo 3,1 yang berpusat di darat 8 kilometer Barat Laut Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, pada kedalaman 10 kilometer.

Belum ada laporan mengenai dampak kejadian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com