Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesaksian Pegawai Galeri, Pria Diduga Setya Novanto Datang Bersama Perempuan

Kompas.com - 16/06/2019, 11:53 WIB
Caroline Damanik

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah pegawai House of Roman di Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tidak menyangka bahwa pria yang datang ke galeri keramik tempat mereka bekerja disebut sebagai terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto.

"Saya lihat foto-foto di internet, awalnya enggak ngeuh itu siapa. Tapi memang ada orang ini kemarin datang ke sini, jalan-jalan lihat-lihat namanya juga galeri kan," ujar seorang pegawai perempuan yang bersedia memberikan keterangan tapi keberatan menyebutkan identitasnya saat ditemui di House of Roman, Sabtu (15/6/2019).

Baca juga: Kesaksian Petugas, Setya Novanto Sempat Menghilang Lepas dari Pengawalan

Dia membenarkan bahwa lokasi di foto itu adalah tempatnya bekerja. Menurut dia, pria yang diduga Setnov itu datang bersama seorang perempuan pada Jumat (14/6/2019) siang.

"Iya pakai masker, pakai topi. Didampingi satu perempuan kayanya istrinya dan satu orang lagi saya enggak tahu karena enggak fokus perhatian ke sana," ujarnya.

Banyak pegawai di galeri itu baru sadar pria bermasker dan bertopi itu adalah mantan Ketua DPR RI Setya Novanto setelah melihat foto yang beredar.

"Baru ngeuh pas lihat foto saja," ujar dia.

Setiap harinya, galeri tersebut dikunjungi banyak orang dan sepi saat bulan puasa.

Baca juga: Alasan Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur yang Banyak Dihuni Teroris

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak memutuskan memindahkan Setya Novanto dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur setelah foto tersebut beredar.

"Murni atas kejadian ini, kami memindahkan yang bersangkutan ke Lapas Gunung Sindur yang maximum security," ujarnya.

Liberti mengatakan, Setya Novanto atas rekomendasi dokter, izin keluar lapas untuk menjalani rawat inap di RS Santosa Bandung pada 12 Juni.

Baca juga: Setya Novanto ke Lapas Gunung Sindur, Kadivpas Jabar Mengaku Tak Mau Terus Ditipu

Saat itu, dia sempat mengecek ke rumah sakit dan dilihatnya, Setya Novanto terbaring dengan diinfus. Setnov kembali ke Lapas Sukamiskin kemarin malam. Dia menyebutkan, Setnov diduga sempat keluyuran ke tempat tidak seharusnya seusai menjalani perawatan.

"‎Ini murni kesalahan dan kelalaian petugas kami. Sebagai tindak lanjut, petugas pengawal tersebut kami periksa dan kami tarik ke Kanwil Kemenkum HAM Jabar," ujar Sitinjak.

 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Kesaksian Pegawai Galeri Keramik di Bandung Barat, Setya Novanto 'Plesiran' Didampingi Perempuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com