Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Benda Mirip Granat Ditemukan di Cirebon, Semuanya Bahan Peledak Aktif

Kompas.com - 16/06/2019, 06:42 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Sebanyak lima benda mencurigakan mirip granat ditemukan di wilayah hukum Polres Cirebon Kota, Sabtu (15/6/2019) malam.

Unit penjinak bom (jibom) Satbrimob Polda Jawa Barat langsung mengamankan kelimanya untuk dilakukan pemeriksaan sekitar pukul 21.20 WIB.

Baca juga: Malam Minggu, Benda Mencurigakan Diduga Bom Ditemukan di Cirebon

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy membenarkan bahwa lima benda mencurigakan itu adalah bahan peledak yang terdiri dari dua jenis, yaitu berbentuk seperti tabung atau cat dalam kaleng yang berjumlah empat buah, dan satu lagi berbentuk bulat.

“Iya betul bahan peledak. Jumlahnya ada dua jenis. Bentuknya bulat satu buah di dalam kaleng mirip granat, satu (jenisnya) lagi dalam tabung kaya kaleng pilox (ada empat buah). Jadi lima cuma ada dua jenis,” kata Roland, Sabtu.

Baca juga: Kesaksian Petugas, Setya Novanto Sempat Menghilang Lepas dari Pengawalan

Roland menambahkan, berdasarkan informasi dari tim penjinak bom, kelima barang tersebut masih aktif. Seluruhnya akan dibawa oleh tim jibom untuk dianalisa sesuai prosedurnya. 

Kelima benda tersebut pertama kali ditemukan oleh warga pesisir Kota Cirebon berinisial Y saat mencari sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara Kali Sukalila, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu petang.

Baca juga: Alasan Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur yang Banyak Dihuni Teroris

 

Polisi, lanjut Roland, hingga Sabtu malam masih melakukan pemeriksaan terhadap Y dan rekannya, A, yang menemukan barang membahayakan tersebut. Sementara itu, pihak unit Jibom Polda Jawa Barat masih mengidentifikasi kelima bahan peledak tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com