Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Jokowi dari Bali Saat Sidang Perdana Digelar di MK...

Kompas.com - 14/06/2019, 11:49 WIB
Caroline Damanik

Editor

GIANYAR, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menggelar kunjungan kerja ke Bali, Jumat (14/6/2019).

Pada hari ini pula, sidang pendahuluan perselisihan hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2019 digelar di gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Di Bali, Jokowi sempat menyinggung proses sengketa Pilpres 2019 yang tengah ditangani oleh para hakim MK. Dia berpesan, semua pihak harus menghargai proses hukum yang berlaku.

“Ya proses hukum harus kita hargai dan kita hormati,” ujar Jokowi di sela kunjungan di Pasar Seni Sukawati, Gianyar, Senin pagi, seperti dikutip dari Tribun Bali.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga sempat menjawab pertanyaan mengenai rencana pertemuan dengan Prabowo Subianto.

Baca selengkapnya: Ditanya Rencana Rekonsiliasi dengan Prabowo, Ini Jawaban Jokowi

Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Bali pada Kamis (13/6/2019). Jokowi bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Kabupaten Badung, Bali, pukul 20.45 Wita.

Kedatangan Jokowi serta Ibu Negara disambut oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Panglima Kodam IX/ Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dan Kepala polda Bali Irjen (Pol) Petrus Reinhard Golose.

Rombongan Jokowi kemudian langsung menuju hotel tempat bermalam di Bali.

Baca juga: Jokowi: Pemilu Usai, Sekarang Boleh Kasih Sepeda Lagi...

 

Jokowi dijadwalkan melakukan penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Kabupaten Bangli dan meninjau kawasan wisata Waduk Muara Nusa Dua, Kota Denpasar. Dia menyempatkan datang ke Pasar Seni Sukawati pada Jumat pagi.

Sementara itu, sidang pendahuluan di MK dimulai pada pukul 09.00 WIB. Tim kuasa hukum kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden hadir di ruangan.

Pengamanan penuh juga dilakukan aparat di sekitar gedung MK. Polisi menerapkan skema pengamanan empat lapis atau ring saat sidang berlangsung.

Ring pertama berada di dalam Gedung MK, Jakarta Pusat. Ring berikutnya, aparat bertugas mengamankan lokasi sekitar Gedung MK.

Selanjutnya, ring ketiga mencakup pengamanan si halaman parkir. Ring terakhir berada di luar gedung, termasuk rekayasa lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com