Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Pasar Sukawati Bali Harus Jadi Pasar Rakyat Modern

Kompas.com - 14/06/2019, 09:47 WIB
Rachmawati

Editor

GIANYAR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengharapkan Pasar Seni Sukawati di Gianyar, Bali, bisa menjadi pasar rakyat yang modern dengan manajemen atau pengelolaan yang baik sehingga mampu menghidupi ribuan pedagang dan masyarakat di sekitarnya.

“Harus jadi pasar rakyat modern, manajemen baik,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan Peninjauan Pasar Sukawati di Jalan Ciung Wanara, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (14/6/2019).

Pada peninjauan lokasi revitalisasi Pasar Sukawati Blok A, B, dan C, Presiden dipandu oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra dan didampingi oleh sejumlah pejabat, di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, dan Staf Khusus Presiden Johan Budi SP.

Baca juga: Sabtu Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Melepas Pawai Pesta Kesenian Bali

Saat peninjauan, Jokowi menjelaskan kepada wartawan perkembangan proyek relokasi Pasar Sukawati. Ia mengatakan, dana untuk proyek tersebut sebesar Rp 89 miliar yang berasal  dari APBN dan sebesar Rp 3,9 miliar dari APBD.

“Pasar Sukawati sudah direlokasi dan ini saya kira bulan-bulan inilah tendernya sudah rampung, langsung dikerjakan di lapangan. Ini habis Rp 89 miliar dari APBN kemudian dari APBD Rp3,9 miliar. Kita harapkan tahun ini selesai ini. Tahun depan selesai itu, sudah selesai semua,” katanya.

Mantan Gubernur DKI itu mengharapkan Pasar Sukawati pasca-revitalisasi benar-benar menjadi pasar yang bersih, tertata, sehingga pengunjung semakin nyaman datang ke pasar yang telah berusia lebih dari 30 tahun itu.

“Kalau ke Bali belum ke Sukawati, itu belum ke Bali. Harus belanja, datang ke sini harus belanja,” katanya.

Baca juga: 3 Fakta Penangkapan Pria yang Ancam Bunuh Jokowi dan Ledakkan Asrama Brimob

Jokowi juga mengatakan bahwa pasar tersebut selama ini telah menghidupi 1.700 pedagang yang menurut dia luar biasa. Bersama  istri, Iriana Joko Widodo, Jokowi mengatakan entah sudah berapa kali ia mengunjungi Pasar Sukawati.

 

Artikel ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul Presiden Jokowi harapkan Pasar Sukawati Bali jadi pasar rakyat modern

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com