Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral di Instagram, Kampung Ketandan Yogyakarta Dikira Shanghai

Kompas.com - 14/06/2019, 05:30 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Sebuah foto yang diunggah di akun Instagram @shanghai.explore mendadak viral.

Pasalnya, foto gapura masuk ke Kampung Ketandan yang ada di kawasan Malioboro ditulis berada di Shanghai, Cina.

Di dalam unggahannya, akun Instagram @shanghai.explore menulis "Peaceful days in Shanghai".

Akun instagram @shanghai.explore juga melampirkan pemilik foto yang diunggah yakni @bagaswisnuaji.

Baca juga: Jalan Penghubung Bandara Internasional Yogyakarta dengan Candi Borobudur Selesai 2026
Akun instagram @shanghai.explore juga menulis "Want to explore #Shanghai ? Use our trip planning tools to research and build the perfect travel itinerary. Get the FREE app now. Link in bio!"

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, setelah melihat foto yang diunggah di akun Instragram @shanghai.explore,  foto tersebut bukan di Shanghai, China.

"Saya lihat foto itu memang pintu gerbang Kampung Ketandan di Yogyakarta. Jelas itu ada tulisannya, ada diskon dan ada Ramayana," ujar Singgih Raharjo saat dihubungi, Kamis (13/6/2019)

Singgih melihat apa yang ditawarkan oleh akun Instagram @shanghai.explore dengan foto yang diunggah tidak singkron. Akun tersebut menawarkan perjalanan wisata di Shanghai, China tetapi foto yang diunggah lokasinya di Yogyakarta.

Selain itu, jika dilihat copy right-nya foto tersebut bukan milik akun Instagram @shanghai.explore, tetapi mengambil dari @bagaswisnuaji.

"Yang saya enggak paham, itu kenapa menawarkan paket wisata ke Shanghai tetapi menggunakan foto itu. Apakah punya maksud lain saya tidak tahu juga," kata Singgih.

Baca juga: Selasa Wage, Uji Coba Malioboro Yogyakarta Bebas Kendaraan Bermotor

Terkait postingan tersebut, lanjut Singgih, pihaknya akan mencoba menghubungi akun instagram @shanghai.explore. Dinas Pariwisata DIY akan meminta klarifikasi.

"Ya nanti saya coba untuk komunikasi di instagram itu untuk meminta klarifikasi seperti apa maksudnya, supaya kami juga paham," katanya.

Menurutnya, memang ada kerjasama dengan Shanghai, China. Didalam kesepakatan tersebut salah satunya disediakan rumah budaya Shanghai di Yogyakarta.

"Di dalam kesepakatan itu, kami menyediakan rumah budaya Shanghai di Yogya. Lokasinya ada di Kampung Ketandan juga," urainya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com