Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantung Ketupat Sepanjang Hampir 2 KM, Cara Warga Rayakan Lebaran Ketupat

Kompas.com - 13/06/2019, 05:30 WIB
Sukoco,
Khairina

Tim Redaksi

MAGETAN , KOMPAS.com - Warga Nahdlatul Ulama di Dusun Joso Desa Turi Kabupaten Magetan Jawa Timur memiliki tradisi unik dalam memperingati Lebaran ketupat yang digelar 8 hari pasca-Idul Fitri. Warga memajang lebih dari 8.000 ketupat di sepanjang jalan kampung.

“Ribuan ketupat tersebut digantung di sepanjang jalan kampung. Kalau panjangnya lebih dari 1 kilometer,” ujar salah satu warga Joso, Suyitno, Rabu (12/6/2019).

Baca juga: Tradisi Lebaran Ketupat di Gresik, Makan Bareng hingga Tumpeng Raksasa

Suyitno menambahkan, tradisi unik wisata Lebaran ketupat tersebut telah berjalan selama 3 tahun terakhir.

Selain ribuan ketupat yang digantung pada tali sepanjang hampir 2 kilometer, di sejumlah titik warga juga menyediakan meja tempat sayur lodeh atau opor dan perlengkapan pecel seperti sayur dan sambal pecel.

“Ini merupakan tradisi untuk menjaga ukhuwah atau silaturahmi warga di Joso ini," tambahnya.

Baca juga: Kebanjiran Saat Malam Lebaran, Nenek Ini Minta Mensos Bangun Rumah Panggung

Tradisi unik wisata Lebaran ketupat tidak hanya dihadiri oleh wrga Joso dan Desa Turi saja, namun sejumlah wisatawan dari Ponorogo, Madiun bahkan Nganjuk turut hadir menyaksikan kegiatan unik tersebut.

Istimewanya, pengunjung diperbolehkan menyantap ribuan ketupat yang digantung tersebut dengan menambahkan sayur maupun pecel yang disediakan di meja.

“Kebanyakan yang datang dari luar kota. Mereka dipersilakan menyantap ketupat yang dihidangkan, bahkan dipersilakan membawa pulang ketupat yang digantung karena ini sebagian dari menjaga ukhuwah tadi,” ujar Suyitno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com