Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Suara Dentuman Disertai Getaran Misterius di Belitung, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 12/06/2019, 22:33 WIB
Heru Dahnur ,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Suara dentuman disertai getaran tanah terasa di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Selasa (11/6/2019).

Getaran tersebut juga sempat terekam mesin pencatat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkal Pinang, Kurniaji tak menampik adanya kejadian itu. Namun, Kurniaji menyatakan belum bisa berkomentar apa pun terkait penyebab dari kejadian itu.

"Dari PGR Wilayah VI belum menginformasikan adanya aktivitas gempa di Tanjung Pandan semalam," kata Kurniaji saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (12/6/2019).

Baca juga: Kisah Penjual Rujak Cingur Rp 60.000 di Surabaya yang Viral, Dapat Teror Puluhan Kali hingga Biayai Suami Cuci Darah

Mengutip dari Tribunnews, Kurniaji meragukan bahwa getaran tersebut terjadi karena adanya gempa. Sebab, jika memang gempa, maka sistem dari BMKG akan langsung merekam gempa tersebut, baik BMKG Padang Panjang atau pun pusat kegempaan BMKG Jakarta.

Namun, saat ia mencoba untuk mengkonfirmasi perihal gempa tersebut, tidak mendapatkan adanya data terjadi aktivitas gempa di wilayah Belitung.

Ia juga mengatakan adanya keganjilan jika gempa terlebih dahulu dimulai dengan ledakan, karena umumnya gempa bumi berasal langsung dari bawah permukaan bumi, sehingga tidak menyebabkan ledakan.

"Mungkin bisa saja dikarenakan adanya aktivitas eksternal daratan, seperti pemotongan batu gunung atau aktivitas proyek lainnya. Kalau memang gempa biasanya gak ada ledakan, memang getaran yang berasal dari dalam bumi," kata Kurniaji.

Baca juga: Viral Video Wanita Penumpang Taksi Online Marah-marah karena Tak Mau Bayar Ongkos, Ini Penjelasannya

 

Informasi yang dirangkum Kompas.com, dentuman dirasakan sebagian besar warga di Belitung. Meskipun bunyi dentuman terdengar dari tempat yang jauh, getarannya terasa hingga ke rumah warga.

Getaran terasa pada Selasa sekitar pukul 19.30 WIB. Getaran dirasakan warga di daerah Stadion Pangkal Lalang Aik Merbau. Warga dilaporkan mendengar bunyi ledakan dan merasakan getaran di dalam maupun luar rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa membenarkan kejadian itu.

"(Penyebab) masih perlu diteliti kembali. Namun, kejadian getaran tanah didahului dengan dentuman persis kejadian di Jebus Bangka Barat," kata Mikron.

Hanya saja kejadian di Jebus, penyebabnya sebagai bagian dari gempa bawah laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com