Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Anggota Satpol PP Tes Urine, Sanksi Pecat jika Hasilnya Positif

Kompas.com - 12/06/2019, 21:17 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Khairina

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Bupati Bogor Ade Yasin Munawaroh menyebut ada 300 anggota Satpol PP yang melakukan tes urine di Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor.

"Ada sekitar 300 orang seluruh Satpol-PP mulai dari kasat sampai yang paling rendah," katanya kepada Kompas.com saat ditemui usai sidang rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (12/6/2019).

Meski demikian, Ade mengaku hingga saat ini ia belum mendapat hasil tes urine tersebut dari BNNK.

"Tes urine belum dapat, hasilnya belum ada," ujarnya.

Baca juga: Pastikan Pemudik Nyaman, BNN Tes Urine Seluruh Sopir Bus Lintas Aceh-Medan

Ketua DPW PPP itu mengaku jika langkah tersebut untuk menjaga kewibawaan petugas Satpol PP agar memberi contoh yang baik sebagai penegak perda.

"Ini langkah preventif kita untuk menjaga kewibawaan petugas-petugas Satpol PP yang ada di Kabupaten Bogor, ya itulah sebagai penegak Perda harus memberikan contoh yang baik dimulai dari situ makanya saya sidak pertama ke situ (kantor Satpol PP)," terangnya.

Menurutnya, apabila ditemukan hasil positif dari tes urine tersebut, ia tak segan-segan melakukan tindakan tegas hingga berujung pemecatan.

"Apabila ditemukan positif, tentunya harus ada tindakan tegas dari pemerintah daerah karena ini menyangkut perbuatan pidana. Seperti ketika masuk kepolisian saja tidak ada yang namanya penangguhan apalagi pegawai sipil yang tidak boleh bersentuhan narkoba itu sanksinya dipecat," tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin Munawaroh melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran, Senin (10/6/2019).

Ketika itu, ia menemukan barang bukti sitaan berupa botol minuman keras (miras) dalam kondisi kosong hingga tumpukan sampah di Kantor Satpol PP Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Polisi Tes Urine Sopir Bus di Bandung

Kepala Seksi Pemberantasan BNN Kabupaten Bogor Supeno mengaku, hingga kini pihaknya masih melakukan proses tes urine terhadap 300 anggota Satpol PP.

"Hasilnya belum disampaikan masih proses, dari 300 itu yang datang baru 232, sisanya belum terus kemarin itu ada juga 25 tadi juga masih ada lagi," ucapnya saat dihubungi Kompas.com.

Adapun jumlah tersebut terdiri dari para petugas hasil sidak Bupati Bogor Ade Yasin. Tes urine tersebut dilaksanakan di lokasi sidak kemudian sisanya di kantor BNNK.

"Yang kemarin Satpol PP hari Senin Bupati langsung ngambil, apel di sana langsung di laksanakan tes urine, kalau yang kemarin sama yang tadi langsung ke BNNK. Hasilnya masih nunggu ya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com