Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Segera Bahas Masalah Pengangguran Bersama Bupati Bekasi Baru

Kompas.com - 12/06/2019, 16:31 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan segera berkoordinasi dengan Eka Supria Atmaja selaku Bupati Bekasi yang baru guna membahas masalah penggangguran.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku akan membuat kebijakan terkait kewajiban penyerapan tenaga lokal oleh pelaku industri di Bekasi.

"Nanti sama-sama membuat kebijakan memprioritaskan warga lokal. Mewajibkan pabrik membangun sekolah namanya teaching factory, tapi yang jadi murid di sana warga lokal. Lulus di sana, skill meningkat sesuai kebutuhan sehingga bisa disalurkan," ujar Emil, usai melantik Eka di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (12/6/2019).

Baca juga: Lantik Bupati Definitif, Ridwan Kamil Sebut di Bekasi Banyak Godaan

Emil menilai ironis melihat banyak warga lokal di Bekasi yang seperti tamu di daerah sendiri lantaran tak mendapat lapangan kerja.

Karena itu, kata Emil, masalah pengangguran bakal jadi atensinya untuk segera dibahas bersama Eka.

"Saya tidak mau mendengar, sedih kalau warga Bekasi sendiri merasa jadi tamu. Yang bekerja warga dari daerah provinsi lain, kebanyakan warga lokal hanya di level ujung. Nanti kita bahas, makanya saya menunggu momentum pelantikan ini supaya sinkron. Jadi itu agenda terpenting Bekasi yang akan saya bahas dengan Pak Eka," ujar dia.

Sementara itu, Eka mengatakan, banyak program prioritas yang akan ia garap setelah resmi menjadi bupati.

Baca juga: Ridwan Kamil Ingatkan Oded soal Kebakaran 2 Pasar di Bandung

 

Terkait masalah pengangguran, ia bakal memberi penekanan terhadap Pergub 35 soal kewajiban industri menyerap 30 persen tenaga lokal.

"Kami akan mengadakan pelatihan lewat disnaker. Ada regulasi kami dalam Pergub 35 bahwa ada kewajiban pengusaha terkait izin untuk berpartisipasi 30 persen bisa menerima tenaga lokal kalau memang belum mampu dilatih biar mampu," kata Eka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com