Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Dialog Kontroversi Masjid Al Safar | Wahana "Paris Swing" di Malang Roboh

Kompas.com - 12/06/2019, 07:38 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Rachmawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ratusan orang datang dalam acara dialog yang membahas kontroversi desain Masjid Al Safar di KM 88 Tol Cipularang.

Masjid yang dibuat firma arsitek milik Ridwan Kamil, Urbane Indonesia, akhir-akhir ini dikaitkan dengan simbol segitiga dan mata satu atau iluminati.

Sementara itu, berita wahana permainan paris swing alias kursi gantung roboh di pasar rakyat Kabupaten Malang roboh, Minggu (9/6/2019), juga menjadi sorotan.

Akibatnya, lima orang terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Polisi setempat menduga penyebab kecelakaan adalah masalah kelistrikan.

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

1. Dialog umum tentang kontroversi Masjid Al Safar

Masjid Al SafarJasa Marga Masjid Al Safar
Pertemuan digelar di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar, Senin (10/6/2019) siang.

Ratusan orang datang untuk menyaksikan pertemuan tersebut. Bahkan, banyak yang tak bisa masuk lantaran kapasitas gedung terbatas. Hadir pula para pimpinan MUI Jabar, termasuk Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei.

Ridwan Kamil dan Rahmat Baequni mendapat waktu masing-masing 30 menit untuk menjelaskan hal tersebut. Dalam kesempatan itu, Rahmat memberikan presentasi berjudul Paganisme Moderen.

Salah satu isinya, menggambarkan perkembangan sejarah terbentuknya simbol-simbol yang berkaitan dengan zionisme maupun iluminati.

Sementara itu, Ridwan menuturkan soal latar belakang karya arsitekturnya di sejumlah masjid hingga multitafsir dalam dunia arsitektur.

Baca berita selengkapnya: 30 Menit Penjelasan Ridwan Kamil dan Ustaz Rahmat soal Desain Masjid Al Safar

2. Sanksi potong gaji untuk ASN di Mamuju yang bolos

Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yang tidak masuk kerja pada hari pertama pasca-cuti Lebaran bakal menerima sanksi pemotongan gaji 20 persen hingga seluruhnya.KOMPAS.com/JUNAEDI Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yang tidak masuk kerja pada hari pertama pasca-cuti Lebaran bakal menerima sanksi pemotongan gaji 20 persen hingga seluruhnya.
Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yang tidak masuk kerja pada hari pertama pasca-cuti Lebaran bakal menerima sanksi pemotongan gaji 20 persen hingga 100 persen.

Hal itu dijelaskan Bupati Mamuju Hasbi Wahid saat menggelar sidak ke sejumlah intansi, termasuk RSUD Mamuju seusai upacara bendera, Senin (10/6/2019).

Penerapannya, pemotongan gaji 20 persen bagi ASN yang tidak masuk kerja pada hari pertama, 50 persen yang tidak masuk kerja hingga hari kedua dan 100 persen atau tidak bakal menerima gaji selama sebulan bagi ASN yang tidak masuk kerja selama tiga hari.

Baca berita selengkapnya: Bolos Sehari, Gaji PNS Dipotong 20 Persen, kalau Sampai 3 Hari Jadi 100 Persen

3. Mesin wahana kursi gantung roboh di Malang

Ilustrasi Kursi TerbangTribunnews Ilustrasi Kursi Terbang
Wahana permaianan Paris Wsing di pasar rakyat di Kota Malang roboh. Akibatnya, lima orang alami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Kasubag Humas Polres Malang, AKP Ainun Djuariyahh menjelaskan, saat mesin penggerak wahana mati, penumpang banyak yang turun dari kursi karena mengira permainan telah selesai. Setelah itu, seorang teknisi memperbaiki dan memutar kembali wahana kursi gantung dengan kecepatan tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com