Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Aceh Utara

Kompas.com - 11/06/2019, 17:06 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 18 rumah dilaporkan rusak karena dihantam angin puting beliung di sejumlah tempat di Kabupaten Aceh Utara, Senin (10/6/2019) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Amir Hamzah, Selasa (11/6/2019) menyebutkan, data sementara yang dihimpun terdapat 18 rumah rusak parah.

Jumlah itu terdiri dari 10 rumah di Desa Cot Paya, Kecamatan Baktiya Barat, satu rumah di Kecamatan Tanah Jambo Aye, dan tujuh rumah di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga: Longsor dan Pohon Tumbang di Ambon, 4 Rumah Rusak, 1 Anak Terluka

“Ini masih pendataan. Baru tiga kecamatan yang masuk data. Satu kecamatan lagi di Kecamatan Kuta Makmur, datanya belum masuk. Sampai saat ini, sudah 18 rumah rusak akibat musibah puting beliung,” sebut Amir, saat dihubungi, Selasa.

Dia merincikan, untuk kecamatan Baktiya rumah yang rusak yaitu milik Muslim (29), Hasanun Basri (45), Zainal Abidin (50), Musrsidah (48), Abdul Muthalib (50), Baktiar (35), Basri (28), Farhan (35), Sulaiman R (70), Tgk Bachtiar (45) dan Mariam (50), di Kecamatan Tanah Jambo Aye rumah yang rusak milik M Saleh (55).

“Data rinci lainnya masih kami kumpulkan. Untuk penyaluran bantuan masa panik, sore ini sebagian akan disalurkan oleh Dinas Sosial Aceh Utara. Kami sudah berkoordinasi dengan dinas sosial,” kata dia.

Baca juga: 40 Pohon Tumbang akibat Puting Beliung di Padang

Saat ini, sebagian keluarga korban mengungsi ke rumah keluarga. Sebagian lagi menempati rumah yang rusak ringan karena dihantam puting beliung.

“Sebagian warga yang rusak ringan rumahnya menempati rumah itu juga. Misalnya yang rusak itu bagian dapur, atau bagian teras saja. Maka rumahnya masih ditempati,” pungkas Amir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com