Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Ngejot di Bali, Kirim Makanan ke Tetangga Saat Idul Fitri

Kompas.com - 09/06/2019, 18:44 WIB
Rachmawati

Editor

DENPASAR, KOMPAS.com - Tradisi ngejot yakni memberi makanan dan minuman kepada tetangga sudah membudaya bagi umat Islam di Bali menjelang hari Raya Idul Fitri.

"Tradisi ngejot di Bali sudah menjadi warisan sejak zaman dahulu menjelang perayaan Idul Fitri (lebaran)," kata Miftachur Rohman, seorang umat muslim di kawasan Monang maning, Kota Denpasar, Sabtu (8/6/2019).

Ia mengatakan tradisi ngejot ini sudah ditanamkan sejak zaman dahulu bagi umat Islam oleh pendahulunya. Tradisi ini sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada sesama saudara dalam memupuk kebersamaan yang dikenal dengan menyamabraya.

Baca juga: Ziarah Rumah Gadang, Tradisi Idul Fitri yang Masih Bertahan di Dharmasraya

Menurut Rohman, tradisi ngejot sebagai upaya melestarikan budaya yang dibangun sejak dahulu. Selain itu, tradisi ini sebagai ungkapan kebersamaan membangun toleransi antarumat beragama.

Ia menjelaskan makanan yang diberikan kepada tetangga sudah dalam bentuk siap saji dan kue serta buah-buahan.

"Tradisi ngejot di Bali, yaitu sebagai simbol kerukunan antarumat beragama sehingga tetap mesra dan harmonis, serta pembelajaran kepada anak-anak di usia dini untuk selalu meningkatan pemahaman tentang kerukunan umat beragama sebagai bentuk penerapan dari Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Baca juga: Menjunjung Duli, Tradisi Ratusan Tahun Kesultanan Deli Saat Idul Fitri

Lebih lanjut Rohman yang juga seorang notaris ini mengatakan tradisi ini juga sebagai simbol kemesraan dan tali persaudaraan antara umat Hindu dan Islam di Pulau Dewata.

"Tradisi ngejot bagi pemeluk agama Islam di Bali masih terjaga hingga saat ini, khususnya di Kota Denpasar dan kabupaten di Bali. Jika ini bisa diterapkan di daerah lain, maka betapa indahnya bangsa Indonesia dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Artikel ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul Tradisi Idul Fitri, "Ngejot" di Bali jaga toleransi antarumat beragama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com