Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Lebaran, Lonjakan Penumpang Terjadi di Bandara Internasional Minangkabau

Kompas.com - 08/06/2019, 19:53 WIB
Perdana Putra,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PADANG, Kompas.com - Peningkatan jumlah penumpang untuk arus balik mulai terjadi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman Sumatera Barat sejak H+1 atau Jumat (7/6/2019) lalu.

Pada Jumat PT Angkasa Pura II sebagai pengelola BIM mencatat jumlah penumpang yang berangkat mencapai 4.521dengan rincian domestik 4.146 orang dan sisanya luar negeri. Sementara tahun lalu hanya 2.138 orang.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, 95.417 Kendaraan Terpantau Memasuki Jakarta

"H+1 penumpang yang berangkat dari BIM mencapai 4.521 orang. Dibandingkan tahun lalu, terjadi lonjakan yang cukup besar," kata Humas PT Angkasa Pura II Cabang BIM, Fendrick Sondra yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/6/2019).

Fendrick menjelaskan, total pesawat yang berangkat pada Jumat ada 28 pesawat jurusan dalam negeri dan 3 jurusan luar negeri.

Fendrick menyebutkan, pihaknya memperkirakan akan terus terjadi gelombang penumpang hingga sampai akhir liburan lebaran, Minggu (9/6/2019).

Baca juga: Tiket Arus Balik KA Surabaya-Jakarta Habis hingga 12 Juni

Minggu itu diprediksi menjadi puncak arus balik di BIM karena Senin (10/6/2019) merupakan hari masuk kerja.

"Hari ini penumpang sudah ramai dibandingkan kemarin. Namun, untuk angkanya besok kami keluarkan. Besok akan menjadi puncak arus balik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com