Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Omset Pedagang Tahu Sumedang Tak Sebaik Lebaran Tahun Lalu

Kompas.com - 08/06/2019, 08:30 WIB
Aam Aminullah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Omset rata-rata pedagang tahu Sumedang di sepanjang jalur Jalan Bandung-Cirebon pada libur Lebaran kali ini naik 10 persen.

Pedagang tahu Sumedang Gunung Palasari Sevta Nugraha mengatakan, kenaikan omset sudah terjadi sejak hari H Lebaran 2019.

Jika hari biasa hanya mampu menjual 5 ancak (1 ancak sama dengan 144 biji) per hari, sejak hari H Lebaran 2019 ini, bisa menghabiskan minimal 30 ancak/hari.

"Alhamdulillah, sejak hari H Lebaran sudah mulai ramai. Sehari habis minimal 40 ancak," ujarnya kepada Kompas.com di kios tempatnya berjualan di Jalan Raya Pangeran Kornel, Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019) malam.

Baca juga: Terimbas Pengalihan Arus Malangbong, Jalur Tengah Sumedang Padat

Sevta menuturkan, rata-rata para pedagang, khususnya di sepanjang jalur jalan nasional penghubung Bandung-Cirebon ini memang mengalami kenaikan signifikan.

"Hampir rata saya kira omset pedagang pada naik. Bisa dilihat sendiri di tiap kios banyak yang mampir. Kebanyakan pembeli dari Jakarta, Bogor kalau saya tanya," tuturnya.

Sevta menyebutkan, meski omset naik dibanding hari biasanya. Namun, jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, lebih baik penjualan tahun sebelumnya.

Tahun lalu, dalam sehari penjualan bisa mencapai 100 ancak.

Senada, pemilik Rumah Makan Tahu Sindang Rasa Hernawan Safari mengatakan, meski pada Lebaran ini mengalami kenaikan dibanding hari biasa, lebih baik penjualan Lebaran tahun lalu.

"Faktor penyebabnya apa kurang ngerti juga. Bisa jadi karena ada Tol Cipali," sebutnya.

Baca juga: Jalur Tengah Sumedang Padat, One Way Diberlakukan, Kendaraan dari Cirebon Dialihkan ke Jalur Alternatif Subang

Sementara itu, Yudayna Rachman, pembeli tahu Sumedang asal Bogor mengaku sengaja mampir dan membeli tahu Sumedang untuk oleh-oleh.

"Saya dari Bogor, habis mudik ke Ciamis. Tadi di Malangbong dialihkan ke jalur Sumedang. Ya kebetulan, bisa beli tahu Sumedang buat oleh-oleh," katanya kepada Kompas.com di kios tahu Sumedang Gunung Palasari, Jumat malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com