Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Idul Fitri Risma: Jaga Toleransi, Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Kompas.com - 05/06/2019, 15:22 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melangsungkan open house di rumah dinas Wali Kota, Jalan Sedap Malam, Surabaya, dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Rabu (5/6/2019).

Risma mengaku rutin menggelar open house saat Lebaran setiap tahunnya. Hal itu bertujuan untuk mendekatkan diri dengan jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemkot Surabaya dan warga Kota Surabaya.

"Saya ucapkan minal aidzin wal faidzin, atas nama pribadi, keluarga, serta seluruh aparat di lingkungan Pemkot Surabaya. Saya mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan, baik sengaja maupun tidak," kata Risma.

Baca juga: Pesan Idul Fitri, Edy Rahmayadi Minta Sebar Kebaikan, Wali Kota Bilang Medan Rumah Kita

Pada kesempatan itu, Risma tampak membagi-bagikan sejumlah bola kepada anak-anak yang turut hadir bersama orangtua mereka.

Risma juga memberikan kursi rodanya kepada salah satu anak penyandang disabilitas yang berkunjung ke rumah dinas wali kota tersebut.

Pemberian kursi roda itu, lantaran kursi roda yang dimiliki anak penyandang disabilitas terlalu kecil dan tidak muat digunakan.

Pada momen Lebaran ini, Risma berpesan kepada seluruh masyarakat Surabaya agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Dengan begitu, masyarakat Surabaya tidak akan mudah untuk terpecah belah antar-umat maupun antar-bangsa.
 
"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, karena tidak mungkin kita bisa meraih mimpi-mimpi kita tanpa ada suasana dan lingkungan yang kondusif dan damai, yang akan membuat kita tergerak untuk bisa maju lagi," tutur Risma.

Risma beeharap kepada seluruh masyarakat, terutama umat Muslim, yang telah menjalankan puasa sebulan penuh agar dapat memberikan manfaat ke depan untuk lebih bersemangat lagi dalam bekerja dan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ia menyebut, tahun depan bangsa Indonesia akan menghadapi era baru perdagangan dunia, World Trade Organization (WTO).

"Karena itu kita harus tetap bekerja keras, bahkan mungkin lebih keras lagi untuk kita bisa menjadi tuan dan nyonya di kota sendiri," ujar wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.

Baca juga: Idul Fitri, AHY dan Ibas Silaturahim ke Rumah Megawati

Kota Surabaya, imbuh Risma, dihuni oleh berbagai suku bangsa dan agama. Bila seluruh warga dapat selalu menjaga toleransi dan menghargai antar sesama, ia yakin bahwa Kota Pahlawan ke depan akan terus maju dan mampu bersaing dengan kota-kota besar di dunia.

"Karena itu, mari kita jaga persatuan dan kesatuan, banyak sekali perbedaan tapi pasti ada kesamaan. Mari kita jaga persamaan itu untuk Surabaya lebih baik dan untuk Indonesia lebih baik,” tutur dia.

Open house di rumah dinas wali kota itu tidak hanya dihadiri warga Muslim. Namun, warga dari etnis dan agama lain juga turut hadir dan turut memeriahkan momen Hari Raya Idul Fitri bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com