Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Sejumlah Hotel di Bandung "Fully Booked" hingga Pekan Depan

Kompas.com - 04/06/2019, 11:23 WIB
Reni Susanti,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Lebaran 2019, sejumlah hotel di Bandung fully booked atau habis terpesan. Pesanan tersebut akan terus berdatangan hingga setelah hari raya Idul Fitri.

“Kamar kami fully booked dari H-3 sampai H+10 Idul Fitri,” ujat General Manager Hilton Bandung, Kevin Girard kepada Kompas.com di Jalan HOS Tjokroaminoto Bandung, Selasa (4/6/2019).

Kevin menjelaskan, kamar di hotelnya sudah habis terpesan sejak pekan lalu. Meski demikian, masih banyak konsumen yang menelpon dan memesan kamar di Hilton.

Baca juga: Polisi Empat Kali Berlakukan One Way Jalur dari Bandung Menuju Garut

Karena sudah habis, ia pun memerintahkan pegawainya untuk membantu para tamu tersebut mencari hotel di sekitaran Hilton.

“Kalau libur Lebaran, tidak perlu ada promo apapun, hotel kami pasti penuh. Beberapa tahun terakhir selalu seperti itu,” ucap Kevin seraya mengatakan jumlah kamar di hotelnya mencapai 186 kamar.

Marketing Communication Manager Trans Luxury Hotel Bandung, Anggia Elgana mengatakan hal serupa. Tingkat hunian di hotelnya sudah meningkat sejak long weekend kemarin.

Baca juga: Serunya Main Salju di Panama Park Bandung

Bahkan sejak H-2 hingga satu pekan depan sudah ada beberapa yang full house. Melihat permintaan yang tinggi, ia memprediksi seluruh kamar akan terisi penuh setiap harinya hingga pekan depan.

“Selama periode Lebaran kami menyediakan berbagai fun activities di area The Pool yang pastinya menarik,” tuturnya.

Peningkatan juga terjadi di hotel lainnya. Marketing Communication Manager Crowne Plaza Bandung, Mellya Ayunda mengatakan, okupansi hotel sampai Minggu rata-rata sudah di atas 70 persen. Okupansi hotel dipastikan akan terus meningkat mengingat pemesanan yang tinggi.

Baca juga: Libur Lebaran, Ini Kantor Cabang BNI di Jakarta yang Tetap Buka

“Dibanding tahun lalu terjadi peningkatan okupansi karena libur lebaran lebih panjang ditambah periode libur sekolah yang panjang juga,” ucap Mellya seraya mengatakan hotelnya memiliki 270 kamar.

Marcom Manager Hotel GH Universal Anti Purnama mengungkapkan hal serupa. Tingkat hunian hotelnya rata-rata lebih dari 80 persen dan akan terus meningkat.

Baca juga: Jelang Libur Lebaran, KRL Tambah Fasilitas Loket Portable

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar mengatakan, okupansi hotel di Jabar terutama Bandung saat libur Lebaran sudah bagus.

“Jika berkaca pada tahun kemarin, rata-rata okupansinya untuk H-1 hingga H+1 rata-rata 80 persen. Ada juga yang penuh,” ucapnya.

Herman mengaku, jualan kamar hotel untuk libur Lebaran tidak susah. Bahkan tingginya permintaan membuat sejumlah hotel menaikkan harga.

Kompas TV Libur lebaran biasanya yang buat ibu-ibu deg-degan adalah ditinggal mudik asisten rumah tangga. Tingginya kebutuhan jasa Infal pun dilirik yayasan penyedia jasa ini untuk menambah pundi-pundi keuntungan. #art
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com