Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Diprediksi Terjadi Lebih Awal

Kompas.com - 03/06/2019, 22:58 WIB
Ari Himawan Sarono,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEMALANG, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel memantau langsung situasi arus mudik bersama Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, di ruas tol trans jawa hingga exit Tol Gandulan Pemalang, Senin (3/6/2019). Kapolda memprediksi puncak arus balik akan terjadi lebih awal.

“Jadwal libur setelah lebaran lebih pendek dibandingkan sebelum lebaran, sehingga puncak arus balik diprediksi terjadi pada 7 hingga 9 Juni 2019,” terangnya.

Baca juga: Tiket KA Arus Balik 7-13 Juni dari Purwokerto ke Jakarta Ludes Terjual

Selain itu, untuk mencegah terjadinya kemacetan, Kapolda Jateng mengharapkan takbir keliling tidak perlu dilakukan bila situasi arus lalu lintas sedang macet.

“Tapi takbir keliling yang sifatnya tradisi di bawah koordinasi pemerintah daerah atau organisasi tertentu dalam rangka meningkatkan pariwisata dan tradisi lokal tentunya kita akomodir,” jelasnya.

“Yang tidak dikoordinasikan sebaiknya tidak perlu dilakukan, karena justru akan menimbulkan kemacetan dan kecelakaan,” pungkasnya.

Baca juga: Polri Prediksi 5 dan 6 Januari 2019 Puncak Arus Balik Gelombang Kedua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com