Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Bencana Longsor di Jalur Mudik Sumbar, Ada 4 Titik Rawan hingga Waspada Saat Hujan Deras

Kompas.com - 03/06/2019, 18:28 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat mengimbau para pemudik untuk mewaspadai bahaya longsor di 4 titik rawan longsor. Keempat daerah itu adalah Pasaman, Bukittinggi, Limapuluh Kota dan Pesisir Selatan.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rumainur, hujan deras di empat wilayah tersebut memicu terjadinya longsor.

Dirinya berharap para pemudik lebih waspada saat hujan deras. Selain itu, petugas menyiagakan alat berat di sekitar lokasi-lokasi tersebut. 

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Longsor, pemudik sempat terjebak macet

Material longsor menutupi jalan di Malalak Agam, Sumatera Barat, Minggu (2/6/2019).Dok.BPBD Agam Material longsor menutupi jalan di Malalak Agam, Sumatera Barat, Minggu (2/6/2019).

Bencana longsor terjadi di Nagari Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Agam, Sumatera Barat, Minggu (2/6/2019) pukul 20.00 WIB.

Material longsor menutup akses jalan sehingga terjadi kemacetan sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

"Betul terjadi longsor di Malalak, Agam. Longsor menutupi badan jalan sehingga akses transportasi tertutup. Kemacetan terjadi, namun saat ini sudah bisa dilalui," kata Rumainur kepada Kompas.com, Minggu malam.

Baca juga: Pemudik ke Sumatera Barat Diimbau Waspadai 4 Titik Rawan Longsor

2. Dipicu hujan deras di lokasi longsor

Ilustrasi longsor di jalur Puncak Bogor.KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPA Ilustrasi longsor di jalur Puncak Bogor.
Rumainur menyebutkan, longsor terjadi akibat curah hujan cukup tinggi yang diserta angin kencang di wilayah Agam sejak sore hingga malam tadi.

"Material longsor menutupi akses jalan sepanjang 7-10 meter dengan ketinggian 3-5 meter," ujar Rumainur.

Rumainur mengatakan, jalan di Nagari Malalak Barat itu merupakan jalan kabupaten yang cukup ramai dilewati pemudik, sehingga terjadi kemacetan.
Namun, berkat kesiapsiagaan petugas BPBD Agam yang berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan nagari, akses jalan sudah bisa dilalui kembali.

Baca juga: Bus MGI Terguling Digeser, Kemacetan di Tol Cibubur Terurai

3. Ada empat titik rawan longsor di jalur pemudik

Jalur Padang-Solok macet total akibat longsor yang terjadi di Panorama 2, Senin (3/6/2019).handout Jalur Padang-Solok macet total akibat longsor yang terjadi di Panorama 2, Senin (3/6/2019).

Pemudik yang melewati jalur darat ke Sumatera Barat harus mewaspadai empat daerah yang rawan longsor.

Apalagi, saat ini cuaca di Sumatera Barat tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan lebat. Empat daerah rawan longsor tersebut adalah Pasaman, Bukittinggi, Limapuluh Kota dan Pesisir Selatan.

"Hampir di sepanjang jalan di daerah itu rawan longsor. Kita minta pemudik waspada. Kalau hujan lebat, sebaiknya istirahat saja," kata Rumainur,Minggu (2/6/2019).

Baca juga: BMKG Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Buruk Pekan Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com