Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik dan Balik, Seluruh UGD Puskesmas di Aceh Utara Buka 24 Jam

Kompas.com - 03/06/2019, 17:04 WIB
Masriadi ,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara membuka Unit Gawat Darurat (UGD) selama 24 jam untuk seluruh kantor Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kabupaten itu. Praktis tenaga medis di UGD tidak diberi izin libur lebaran Idul Fitri tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Khalmida menyebutkan, petugas yang menjaga UGD telah ditentukan. Sehingga bisa dilakukan secara bergantian selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

Baca juga: Semua Puskesmas Kecamatan di DKI Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran

“Tidak semua Puskesmas kita memiliki layanan rawat inap. Namun untuk arus balik dan mudik, kita buka semua layanan UGD selama 24 jam. Sehingga begitu butuh pertolongan medis, bisa ditangani cepat di tingkat UGD Puskesmas bagi pemudik,” kata Khalmida saat dihubungi melalui telpon, Senin (3/6/2019).

Selain itu, Puskesmas di jalur mudik lintas nasional Medan-Banda Aceh yakni Puskesmas Tanah Jambo Aye, Baktiya, Lhoksukon, Syamtalira Aron, Dewantara dan Puskesmas Muara Batu, Aceh Utara, diintruksikan selalu siaga memberikan pertolongan pertama pada pemudik.

Baca juga: Libur Lebaran, Seluruh Puskesmas Kecamatan di Jakarta Utara Beroperasi 24 Jam

“Umumnya yang jalur Medan-Banda Aceh yang harus ekstra siaga. Kami sudah intruksikan buka UGD semua Puskesmas. Khusus yang di lintas Sumatera itu, harus lebih ekstra siaga, karena letaknya berada di pinggir jalan nasional dan mudah memberikan pertolongan pada pemudik,” katanya.

Untuk posko kesehatan pemudik, sambung Khalmida, juga didirikan di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Samudera dan Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

“Semoga tim medis kita bisa melayani sepenuh hati pemudik tahun ini,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com