Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeri Dada Saat Berlayar dari Australia ke Korea, Kru Kapal Asal Indonesia Dievakuasi

Kompas.com - 03/06/2019, 15:27 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Rachmawati

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengevakuasi seorang kru kapal MV HL Saldanha Bay dalam pelayaran dari Australia menuju Korea Selatan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kupang, Emi Frizer mengatakan, kru kapal yang divakuasi bernama Aditya Rusdiantoro berasal dari Indonesia.

"Tadi pagi sekitar pukul 06.00 Wita, kami menerima informasi dari bapak Hariadi Kusuma bahwa pada hari Minggu (2/6/2019) tadi malam, sekitar pukul 22.00 Wita seorang kru kapal MV HL Saldanha Bay mengalami nyeri dada kiri," jelas Emi kepada Kompas.com, Senin (3/6/2019).

Baca juga: Mudik Gesit: Ini Sebab 2 Kapal di Pelabuhan Makassar Tertunda Berjam-jam

"Kru kapal asal Indonesia itu membutuhkan bantuan medevac (medical evacuation) pada koordinat 10°32'108”S-122°52'359"E. di Perairan Laut Timor, saat sedang dalam pelayaran dari Australia menuju Korea," kata Emi.

Menurut Emi, saat berada di perairan Laut Timor, kru kapal itu tak mampu lagi melanjutkan perjalanan karena sakit sehingga langsung meminta bantuan.

Setelah menerima informasi itu lanjut Emi, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Lantamal VII Kupang, Polair Kupang, Bakamla Kupang, KSOP Kupang, KKP Kupang, dan Imigrasi Kupang.

Baca juga: Dua Kapal di Pelabuhan Makassar Tertunda hingga Berjam-jam, Pemudik Kecewa

"Tadi pada pukul 10.30 Wita, KN SAR Antareja 233 Kupang tiba di Pelabuhan Navigasi Kupang, selanjutnya dibawa menggunakan ambulans KKP Kupang menuju Rumah Sakit Siloam Kupang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com