Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gesit: Ini Sebab 2 Kapal di Pelabuhan Makassar Tertunda Berjam-jam

Kompas.com - 03/06/2019, 13:16 WIB
Himawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut, Operasional, dan Usaha Kepelabuhan Triono mengungkapkan beberapa penyebab penundaan KM Tidar dan KM Gunung Dempo yang mengangkut pemudik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (3/6/2019).

Triono mengatakan bahwa penyebab KM Gunung Dempo mengalami keterlambatan pemberangkatan dikarenakan cakupan logistik di kapal tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu.

Pemenuhan suplai makanan dan air tawar tersebut memakan waktu hingga mengakibatkan kapal tujuan Surabaya-Bau Bau ini tiba di pelabuhan Makassar.

"Setelah ke Bau-Bau ini kan terus ke Papua sehingga dia memerlukan logisitik yang cukup banyak untuk persiapan di atas kapal. Untuk itu memang mengalami keterlambatan," kata Triono saat diwawancara di posko pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (3/6/2019).

Baca juga: Dua Kapal di Pelabuhan Makassar Tertunda hingga Berjam-jam, Pemudik Kecewa

Sementara untuk keterlambatan KM Tidar yang tujuan Bau-Bau - Surabaya disebabkan karena lamanya pengisian suplai air tawar untuk kapal tersebut. Namun ia memastikan bahwa kedua kapal ini tidak mengalami kerusakan teknis sama sekali.

"Ini kan untuk masyarakat (penumpang) juga. Kita tahu sekarang banyak warga sekarang yang lebih memilih naik kapal laut," imbuhnya.

Triono mengatakan pengisian air tawar tidak dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan lantaran ada banyak kapal yang beroperasi di pelabuhan yang membuat kapal-kapal tersebut harus antri dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pengisian ini.

Selain dua penyebab di atas, Triono juga mengatakan faktor cuaca tidak dapat dipisahkan sehingga kapal ini mengalami penundaan keberangkatan yang menyebabkan beberapa penumpang di pelabuhan ini harus menunggu hingga berjam-jam.

Baca juga: Pemkot Segera Benahi Sekolah Tidak Layak di Pulau Terluar Makassar

Setidaknya pada perjalanan KM Gunung Dempo dari pelabuhan di Surabaya, air laut sedikit bergelombang.

"Di sana ada informasi kalau cuaca sedikit bergelombang," katanya.

Dua kapal ini akan mengangkut ribuan penumpang. Untuk KM Tidar dan KM Gunung Dempo, ada 1.700 penumpang yang diangkut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com