Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara MTQ Internasional Diberi Beasiswa Pendidikan dari Bupati Bima

Kompas.com - 03/06/2019, 11:56 WIB
Syarifudin,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

BIMA, KOMPAS.com - Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri mengapresiasi keberhasilan Syamsuri Firdaus, qori muda asal Desa Rada Kecamatan Bolo.

Berkat keberhasilannya menjadi juara 1 MTQ Internasional ke 7 yang digelar di Istanbul, Turki beberapa waktu lalu, Bupati Indah memberikan beasiswa pendidikan untuk Syamsuri sebesar Rp 50 Juta dan satu unit sepeda motor.

Para guru ngaji maupun pembimbing Syamsuri juga mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta. Selain itu, ada juga bantuan untuk kedua orangtua Syamsuri sebesar Rp 20 juta.

Baca juga: Pemuda asal Bima Juara MTQ Internasional di Turki

"Ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Bima atas prestasi yang diraih Syamsuri. Keberhasilan ananda Syamsuri Firdaus ini salah satu bukti yang perlu dicontoh oleh anak muda yang berada di Kabupaten Bima untuk terus belajar kitab suci Alquran. Sehingga kedepan akan lahir Syamsuri Firdaus lainnya," katanya.

Selaku kepala daerah, Indah merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraih Syamsuri di ajang MTQ tingkat Internasional.

"Prestasi yang diraih oleh syamsuri ini bukan hanya membanggakan Kabupaten Bima saja, akan tetapi juga mengharumkan nama Bangsa dan Negara RI," ujarnya.

Sementara itu, Syamsuri mengucapkan terima kasih atas segala perhatian pemerintah serta apresiasi yang diberikan. Keikutsertaan Syamsuri mendapat bimbingan langsung dari Ali Sibromalisi, Wakil Kementerian Agama RI yang mendampinginya sejak berada di Turki. 

Baca juga: Juara MTQ Internasional asal Bima Diberi Hadiah Umrah dan Uang Rp 25 Juta

"Alhamdulillah saat babak kualifikasi saya masuk ke dalam 6 besar di mana pada babak semifinal masuk ke dalam urutan ke–3 dan berhak mengikuti babak final. Pada saat itu saya mewakili Indonesia dan keluar sebagai juara pertama pada MTQ Internasional ke-7 yang digelar pada tanggal 20-25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Istanbul," katanya.

Atas prestasinya, pemuda kelahiran Bima 11 April 1999 asal Desa Rada, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, juga bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Selain itu, Syamsuri juga di undang ke Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo dan mendapatkan hadiah umroh dari Gubernur NTB, Zulkiflimansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com