Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Komplotan Perampok Jelang Sahur, Bripka Afrizal Tewas Tertembak

Kompas.com - 03/06/2019, 05:18 WIB
Amriza Nursatria,
Khairina

Tim Redaksi

KAYUAGUNG, KOMPAS,com-Kanit Reskrim Polsek Mesuji Makmur Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Bripka Afrizal tewas tertembak saat mengejar komplotan perampok yang melarikan diri usai beraksi di Desa Beringin Jaya, Kecamatan Mesuji Makmur OKI Minggu sekitar pukul 03.00 dini hari.

Bripka Afrizal tewas setelah peluru yang ditembakkan salah satu pelaku mengenai dada sebelah kanan.

Minggu (2/6/2019) petang, jenazah Bripka Aprizal dimakamkan di pemakaman umum Desa Kandis Kecamatan Kandis Ogan Ilir. Pemakaman Bripka Afrizal dilakukan secara militer disertai dengan tembakan salvo.

Baca juga: Positif Narkoba, Sopir Bus Angkutan Mudik Lebaran Ditahan Polisi

Kapolres Ogan Komering Ilir AKBP Donni Eka Syahputra bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri sejumlah perwira dan rekan korban.

Istri Bripka Afrizal, Mutiah, tak kuasa menahan kesedihan dan tak henti menangis saat suaminya dimakamkan.

Kapolres OKI AKBP Donni Aka Syahputra mengatakan, Bripka Afrizal tewas tertembak saat mengejar enam orang pelaku yang beraksi merampok rumah warga bernama Kodri bin Sanusi di Desa Beringin Makmur OKI.

Saat itu, Bripka Afrizal yang mengejar komplotan pelaku bersama satu anggotanya Bripda Mahmudi langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke udara ketika melihat keberadaan komplotan itu di atas jembatan Beringin Jaya.

”Namun tembakan itu dibalas komplotan pelaku dengan tembakan ke arah Bripka Aprizal beberapa kali hingga satu peluru mengenai dada sebelah kanan,” terang Donni.

Baca juga: LBH Jakarta Sebut Sejumlah Orang yang Ditangkap Terkait 22 Mei Mengaku Dipukuli Polisi

Usai terjadi baku tembak dan pelaku melarikan diri, Bripda Mahmudi yang berlindung di antara tanaman karet bersama lima warga yang ikut melakukan pengejaran melihat kondisi Bripka Aprizal ternyata kondisinya sudah meninggal dunia.

“Oleh Bripda Mahmudi dan kelima warga itu Bripka Afrizal lamgsung di bawa ke puskesmas untuk mendapat penanganan,” tambah Donni.

Kapolres AKBP Donni Eka Syahputra memperingatkan pelaku agar segera meyerahkan diri, jika tidak maka tindakan tegas akan dilakukan.

“Saya peringatkan pelaku untuk menyerahkan diri atau tindakan tegas akan kita lakukan,” katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com