Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik, Jumlah Kendaraan Masuk Solo Capai 252.544 Unit

Kompas.com - 02/06/2019, 11:38 WIB
Labib Zamani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta menyebutkan, arus mudik Lebaran 2019 di Solo, Jawa Tengah, memasuki puncaknya pada Sabtu (1/6/2019) dan Minggu (1-2/6/2019) atau H-4 dan H-3 Lebaran.

Volume kendaraan yang memasuki Solo sejak Sabtu mengalami peningkatan secara signifikan dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Menurut Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta Ari Wibowo, berdasarkan data traffic counting, jumlah volume kendaraan masuk mencapai 252.544 kendaraan per hari atau meningkat 29,86 persen dari hari sebelumnya hanya 201.538 kendaraan.

Baca juga: Menurut Kapolri, Ini Faktor yang Membuat Arus Mudik Tahun Ini Lebih Lancar

Bahkan, lanjut Ari, volume kendaraan masuk Solo dibandingkan periode yang sama H-4 Lebaran tahun lalu naik 23,9 persen.

Pada 2019, jumlah kendaraan masuk sekitar 237.375 kendaraan.

"Kemarin puncak sementara. Ada kemungkinan juga hari ini (Minggu) puncak lagi," kata Ari kepada Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019).

Menurut dia, peningkatan volume kendaraan karena tersebut karena pada Senin (3/6/2019) sudah mulai libur Lebaran, dilanjutkan dengan libur cuti bersama.

Baca juga: Kepadatan Terdistribusi, Puncak Arus Mudik Bergeser

Sementara, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan arus mudik, pihaknya memaksimalkan pengendalian melalui kamera CCTV yang dipasang di berbagai persimpangan.

Selain itu, memasang rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) portabel sebanyak 128 titik. Kemudian, barikade dan water barrie portabel, seperti Kawasan Taman Kota Kerten dan Jalan Adi Sucipto.

"Kita mengaktifkan patroli kota dan patroli parkir. Supaya arus lalu lintas kendaraan selama mudik Lebaran berjalan lancar," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com