Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Bilalang, Kenangan Ani Yudhoyono untuk Kota Parepare

Kompas.com - 02/06/2019, 07:57 WIB
Suddin Syamsuddin,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PAREPARE, KOMPAS.com - Pada tahun 2014, Ani Yudhoyono yang kala itu mendampingi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kunjungan kerja di rumah jabatan wali kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Di sela-sela kunjungan SBY dan Ani, mereka menyempatkan diri menanam pohon bilalang di pendopo rumah jabatan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. Hal itu menjadi kenangan tersendiri bagi Taufan.

"Kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi istrinya, Ani Yudhoyono merupakan kenangan tersendiri buat saya. Tutur kata Ani Yudhoyono sangat lembut," kenang Taufan, Sabtu (1/6/2019).

Baca juga: Ani Yudhoyono Akan Dimakamkan di Blok M 129 TMP Kalibata, Dekat dengan Makam Ainun Habibie

Taufan mengatakan, saat itu sebelum SBY dan Ani menanam pohon bilalang, atau dalam suku bugis dikenal dengan pohon aju pallapi, keduanya sempat bertanya tentang jenis pohon ini. 

"Saat itu, Presiden SBY didampingi istrinya bertanya, 'apa itu pohon bilalang atau aju pallapi? Jawab saya pohon bilalang jika besar menyerupai pohon beringing yang dahanya rindang. Aju pallapi dalam bahasa Bugis diartikan pelindung. Saya menjawab pohon yang ditanam nantinya bisa melindungi," ujar Taufan.

Baca juga: SBY Bercerita Saat-saat Terakhir Ani Yudhoyono Sebelum Menghadap Khalik

Taufan mengatakan, pohon yang ditanam langsung oleh Ani dan SBY akan dipeliharanya hingga besar dan seperti amanah yang diemban menjadi wali kota Parepare.

Dia ingat saat SBY mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya bencana, salah satu caranya adalah dengan menanam pohon. 

Sejak itu, Taufan mengaku rajin menanam pohon di setiap acara. Ia selalu menyempatkan diri sesibuk apapun, jika ia masih berada di Kota Parepare.

"Pohon bilalang yang ditanam Presiden SBY didampingi Ani juga kadang saya yang langsung siram sendiri," ungkap Taufan. 

Ani Yudhoyono meninggal dunia di Singapura, Sabtu (1/6/2019). Jenazah Ani akan dimakamkan di TMP Kalibata, Minggu (2/6/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com