Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Awak Kapal Ferri SB Cahyadi 168 Positif Narkoba Saat Hendak Angkut Pemudik

Kompas.com - 02/06/2019, 07:40 WIB
Hadi Maulana,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Dua orang anak buah kapal (ABK) Ferri SB Cahyadi 168 milik PT Guntung Idaman Nusa (GIN), yaitu Abdul Latif sebagai kapten dan Andi Istatal sebagai mekanik, diamankan Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polresta Barelang, Provinsi Riau.

Mereka ditangkap karena positif mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu sebelum membawa ratusan penumpang yang akan mudik Lebaran ke sejumlah pulau di Provinsi Riau.

Kasat Resnarkoba Polresta Barelang, AKP Abdul Rahman mengatakan, sampai saat ini keduanya masih menjalani pemeriksaan untuk mengetahui dari mana sabu-sabu tersebut didapatkan. Setelah itu keduanya akan dikirim ke BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten) Batam untuk diteruskan ke pusat rehabilitasi di Nongsa, Batam.

Baca juga: Konsumsi Narkoba Saat Mengendara, Sopir Bus Mudik Diamankan Polisi

"Keduanya akan di rehabilitasi di rumah rehabilitasi BNNP Kepri," kata Rahman melalui telepon, Sabtu (1/5/2019).

Kasus itu terungkap saat pihaknya melakukan tes urine terhadap sejumlah awak kapal ferri yang ada di Terminal Domestik Sekupang.

Setelah dua awak kapal itu ditangkap, Kapal Ferri SB Cahyadi 168 sempat tidak boleh berangkatkan. Namun setelah dilakukan pergantian awak, ferri tersebut bisa melanjutkan perjalanan.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi (mencegah) agar tidak terjadi kecelakaan yang disebabkan nahkoda maupun ABK yang dipengaruhi narkotika. Sehingga, arus mudik menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah ini berlangsung lancar dan aman terkendali," kata Rahman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com